Diet
+1

Diet Tinggi Protein yang Justru Bisa Membahayakan Kesehatan

November 22, 2019 | Helmi

Banyak orang telah mengikuti pola makan untuk meningkatkan asupan tinggi protein. Nutrisi ini dikenal untuk mendukung penurunan berat badan dan pengembangan massa otot tanpa lemak.

Namun, terlalu banyak protein mungkin memiliki beberapa efek yang tidak diinginkan. Para peneliti menemukan bahwa pola makan yang kaya nutrisi dapat membahayakan ginjal, terutama pada penderita diabetes atau yang mengalami obesitas.

Para peneliti mengatakan pola makan tinggi protein secara efektif dapat membantu orang menurunkan berat badan. Tetapi orang-orang dengan masalah gula darah dan kelebihan berat badan harus mempertimbangkan kembali pilihan makanan mereka karena makan terlalu banyak protein juga dapat menyebabkan "kehilangan fungsi ginjal yang parah."

Penting juga untuk mengatur jumlah protein yang dikonsumsi. Peneliti mengatakan semakin tinggi asupan, semakin cepat menyebabkan penurunan fungsi ginjal.

YesDok Ads

Temuan terbaru, yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantation, mendukung studi sebelumnya yang mengeksplorasi efek diet protein tinggi. Para ahli kesehatan juga menyarankan bahwa pasien dengan penyakit ginjal kronis tahap awal harus mengambil diet rendah protein untuk menjaga kesehatan ginjal mereka.

Tim peneliti mengatakan bahwa orang dengan penyakit ginjal kronis ringan mungkin memiliki risiko komplikasi tertinggi. Orang-orang ini umumnya tetap tidak menyadari kondisi mereka dan dapat mengikuti pola makan protein tinggi karena tren yang mempromosikan manfaat kesehatannya.

Orang dengan diabetes tipe 2 juga berisiko. Perkiraan menunjukkan bahwa 30 persen pasien juga memiliki penyakit ginjal kronis dan mereka mungkin mengonsumsi lebih banyak protein untuk mengatur berat badan.

(Foto: medical daily)

YesDok Ads