Diet
+1

Diet Sehat dengan Kecipir yang Efektif Turunkan Berat Badan

August 11, 2019 | Aqiyu

Tubuh langsing dan ideal bisa didapat dengan cara olahraga. Olahraga tersebut menjadi semakin efektif jika Anda juga mengatur pola makan. Karena pola makan dan selektif memilih makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada cepat atau tidaknya dalam menurunkan berat badan.

Salah satu makanan yang dapat membantu Anda mengikis lemak dan cepat menurunkan berat badan adalah kecipir. Mungkin kecipir terdengar asing ditelinga Anda dan tidak banyak yang tahu kalau tanaman rambat hijau ini efektif melangsingkan tubuh.

Kecipir biasanya diolah untuk memasak sayur dan dijadikan lalapan. Kecipir sendiri dapat dengan mudah ditemukan karena dapat tumbuh luas dimana saja. Selain memiliki cita rasa yang enak, kecipir juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Kecipir mengandung nutrisi seperti protein yang tinggi.

Kandungan lainnya pada kecipir adalah lemak, fosfor, kalsium, karbohidrat, vitamin C, tocopherol (antioksidan), dan vitamin A. Tak heran jika kecipir dimanfaatkan sebagai obat alami. Biji dan daun kecipir dapat melangsingkan tubuh juga sekaligus menambah napsu makan.

Berikut manfaat baik kacang kecipir bagi kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan:

Rendah kalori

Kecipir termasuk sayuran yang rendah kalori. Sekitar 100 gr kacang kecipir mengandung kurang lebih 49 kalori. Selai itu kacang kecipir ini juga kaya akan serat sehingga cocok dimasukan dalam menu diet Anda.

Lemak sehat

YesDok Ads

Cara mudah menurunkan berat badan adalah dengan menjaga metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Metabolisme tubuh yang baik bisa terjaga dengan Anda mengonsumsi lemak sehat. Kacang kecipir juga mengandung lemak jenuh, mono lemak jenuh, dan lemak tak jenuh ganda dimana asupan itu sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kaya asam folat

Bagi ibu hamil asam folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin agar tumbuh baik di dalam kandungan. Asam folat tersebut dapat Anda jumpai dengan mudah pada kacang kecipir ini.

Kalsium yang tinggi

Kacang kecipir memiliki kalsium yang tinggi. Kalsium ini dapat menjaga kepadatan tulang dan menambah energi dan bagus untuk pemulihan di kala Anda sakit.

Sumber vitamin

Anda bisa memenuhu kebutuhan vitamin dengan memakan kacang kecipir. Dimana kecipir ini merupakan sayuran yang mengandung sumber vitamin C dan A. Antioksidan pada kacang kecipir juga baik untuk daya tahan tubuh dan mencegah kerusakan DNA. 

(Foto: alliedbotanic)

YesDok Ads