Diet
+1

Diet Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat

January 11, 2021 | Aqiyu

diet rendah purin

Pernahkah Anda mendengar diet rendah purin? Diet rendah purin ini sangat cocok bagi penderita asam urat. Pasalnya, dalam diet rendah purin ini dapat mengurangi jumlah asam urat dalam darah. Bukan hanya itu, diet rendah purin juga dapat mencegah serta mengendalikan asam urat hingga batu ginjal.

Diet rendah purin adalah diet yang dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir jumlah purin dan jumlah asam urat dalam tubuh. Sedangkan asam urat merupakan hasil pemecahan purin atau zat yang secara alami diproduksi oleh tubuh atau diperoleh dari makanan tertentu. Ketika kadar asam urat jumlahnya lebih banyak dari biasanya, maka asam tersebut akan mengkristal dalam darah.

Kadar normal asam urat dalam darah berkisar:

  • Laki-laki sekitar 3,4-7,0 mg/dL
  • Wanita sekitar 2,4-6,0 mg/dL

Diet rendah purin bukanlah obat yang dapat mengatasi masalah asam urat. Namun dengan diet rendah purin ini bisa mencegah penyakit dan membantu penderita asam urat dalam menjaga pola makan. Kelebihan lainnya pada diet rendah purin adalah memperlambat kerusakan sendi yang diakibatkan oleh penyakit asam urat.

YesDok Ads

Pada dasarnya diet rendah purin ini tidak berbeda jauh dengan diet sehat lainnya. Diet rendah purin bagi penderita asam urat dirancang untuk menghindari beberapa makanan yang mengandung purin. Selain itu, diet ini untuk mencapai berat badan ideal, menjaga pola makan sehat hingga mengonsumsi makanan yang dapat mengontrol asam urat.

Makanan yang dapat dikonsumsi saat diet rendah purin adalah roti, sereal, pasta, biji-bijian utuh, keju, telur, buah dan sayur. Kemudian susu rendah lemak, kentang, jeruk, nanas, paprika, alpukat, tomat, stroberi hingga teh dan kopi.

Makanan yang harus dihindari saat menjalankan diet rendah purin adalah makanan yang mengandung tinggi purin. Diantaranya adalah daging bebek, daging sapi, kambing dan babi. Lalu, jerohan seperti hati, ginjal, pancreas, jantung dan lainnya, makanan laut seperti lobster, kerang, udang, teri, tuna, sarden dan remis. Hindari pula makanan cepat saji, gorengan, minuman kemasan, minuman yang mengandung tinggi gula dan minuman beralkohol.

(Foto: quora)

YesDok Ads