0 Point
Sakit maag

Diet Aman bagi Penderita Maag

Tubuh yang ideal sering di inginkan oleh banyak orang, mereka yang mempunyai berat badan lebih akan berusaha untuk menurunkan berat badannya dengan cara diet. 

Diet yang aman pasti akan menjadi pilihan utama bagi yang akan diet, namun bagi mereka yang menderita gastritis/maag pasti akan jadi kendala karena takut akan kambuh jika melakukan diet.

Berikut cara-cara yang aman untuk diet bagi penderita gastritis/maag.

1. Makanlah dengan Jadwal yang Teratur

Jadwal makan yang teratur akan membuat lambung menyesuaikan diri dan mengantisipasi kira-kira kapan tubuh mendapatkan makanan. Hal ini akan memuat asam lambung dikeluarkan pada waktu yang tepat sesuai dengan jadwal makan yang teratur.

2. Lakukan Prinsip Small Frequent Feeding

Small frequent feeding adalah mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil namun dengan frekuensi sering. Dengan menerapkanya, lambung tidak akan menghasilkan asam lambung berlebih. Idealnya, frekuensi makan yang disarankan adalah 3 kali makan besar dengan 2 kali selingan.

3. Hindari Makanan yang Bersifat Asam

Hindarilah makanan yang bersifat asam, terutama ketika Anda sedang diet agar tidak terjadi peradangan pada lambung. Makanan yang bersifat asam, di antaranya adalah nanas, jeruk, jeruk bali, lemon, jeruk nipis.

4. Hindari Makanan yang Memicu Keluhan 

Selain makanan yang bersifat asam, terdapat jenis makanan lainnya yang dapat memicu keluhan para penderita maag. Contohnya adalah makanan berminyak dan makanan pedas. Di samping itu, hindari pula makanan yang memproduksi gas, seperti sawi, kol, kubis, dan nangka. Apabila Anda tetap ingin mengonsumsinya, perhatikan jumlahnya agar tidak menimbulkan gejala kekambuhan.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Contoh makanan yang berserat adalah oatmeal, roti gandum, sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

6. Pilih Makanan Rendah Lemak

Makanlah ayam bagian dada tanpa kulit, ikan, serta sayuran. Hindari makanan yang diproses dengan tambahan pengawet dan bahan tambahan lainnya.

7. Hindari Minuman Berkafein

Hindarilah minum kopi dan gantilah dengan teh hijau yang juga mengandung anti peradangan. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu menurunkan berat badan.

(Foto: medicalnewstoday)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok