Dibalik Kenikmatannya, Ini Efek Samping Makan Durian

July 01, 2022 | Helmi

duren

Durian adalah salah satu buah yang beraroma tajam. Sebagian orang terganggu dengan aromanya, tetapi sebagian lainnya sangat menggemarinya.

Buah durian kaya akan senyawa nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, fitonutrien, dan serat makanan. Kandungan ini membuatnya menjadi salah satu buah yang kaya manfaat. 

Makan durian mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, dan mengatur kadar gula darah. Selain itu rasanya yang manis juga bisa disantap sebagai makanan penutup. 

Namun, jangan lupa bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu buruk dan hal yang sama berlaku untuk buah durian. Makan terlalu banyak buah durian dapat menimbulkan sejumlah efek samping.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang efek samping makan buah durian secara berlebihan.

Gangguan Perut

Durian yang dimakan secara berlebihan dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan usus seperti kembung, gas, perut kembung, dan sembelit. Oleh karena itu, asupan durian yang dianjurkan setiap hari adalah dua porsi buah atau empat buah durian.

YesDok Ads

Interaksi Obat

Penderita diabetes sebaiknya tidak makan durian secara teratur. Ini dapat mengganggu obat diabetes dan membuatnya tidak efektif. Selanjutnya, jangan gabungkan durian dengan alkohol. 

Akibatnya, dapat menyebabkan muntah, sakit kepala, dan reaksi lain yang tidak diinginkan dalam tubuh.

Penyakit Ginjal Memburuk

Orang dengan gangguan ginjal atau orang yang menjalani cuci darah tidak boleh makan durian. Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan asupan durian meningkatkan kadar potasium. 

Ginjal yang sakit tidak mampu menyaring kalium dalam jumlah tinggi. Oleh karena itu, dapat menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan.

Bagi Anda yang gemar dengan durian disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan tidak terlalu berlebih. Selalu ingat bahwa sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan Anda.

YesDok Ads