Deretan Penyakit Akibat Makan Junk Food

January 15, 2023 | Aqiyu

Penyakit Akibat Makan Junk Food

Di zaman yang serba cepat dan instan, banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk makan. Inilah kenapa makanan cepat saji atau dikenal dengan junk food banyak diminati. Ditambah junk food memiliki cita rasa yang enak dan harganya terjangkau. Dibalik keefektifan terhadap waktu, junk food menyimpan dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Junk food merupakan makanan yang mengandung zat-zat berbahaya. Misalnya pada mie instan yang diketahui mengandung lilin. Sedangkan pada makanan cepat saji lainnya mengandung pengawet dan penyedap rasa yang berlebihan. Berikut ini deretan penyakit akibat makan junk food terlalu sering.

Penyakit Jantung

Junk food mengandung minyak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Junk food juga bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas karena kandungan lemak yang tinggi. Obesitas juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung.

Penurunan fungsi otak

Pengaruh junk food pada otak mungkin belum. Banyak yang menyadarinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu kali makan tidak sehat saja berdampak instan pada fungsi otak. Junk food dapat menyebabkan masalah memori belajar, meningkatkan risiko demensia, hingga mengurangi kemampuan otak untuk mengendalikan nafsu makan.

Jerawat

Makanan cepat saji biasanya mengandung kalori, lemak dan karbohidrat olahan yang tinggi. Tinggi lemak inilah yang memicu timbulnya jerawat. Makanan tinggi gula juga dapat membuat kulit lebih mudah berjerawat. Glikemik yang tinggi bisa mengubah metabolisme dan membuat kulit kulit serta tipis. Insulin tinggi pun berpengaruh pada produksi minyak wajah yang berlebihan sebagai pemicu jerawat.

YesDok Ads

Kanker

Junk food dapat meningkatkan risiko penyakit kanker. Kandungan tinggi gula dan lemak pada junk food bisa meningkatkan risiko kanker kolorektal atau kanker usus besar atau dubur yang berada di ujung saluran pencernaan bawah.

Ginjal

Umumnya junk food memiliki kandungan garam dan bumbu perasa yang tinggi. Hal ini bisa meningkatkan tekanan darah dan memengaruhi fungsi ginjal.

Berikut ini deretan penyakit akibat makan junk food terlalu sering. YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: science photo)

YesDok Ads