Demi Buah Hati Sehat, Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

August 19, 2020 | Helmi

ibu hamil

Salah satu hal pertama yang harus dipelajari orang saat hamil adalah apa yang tidak boleh mereka makan. Makanan tertentu sebaiknya dikurangi porsinya, sementara yang lain harus dihindari sama sekali. Berikut adalah bebrapa makanan dan minuman yang harus dihindari atau dikurangi saat Anda mengandung buah hati.

Ikan yang mengandung merkuri tinggi

Merkuri adalah unsur yang sangat beracun. Ia tidak memiliki tingkat paparan yang aman dan paling sering ditemukan di air yang tercemar.

Dalam jumlah yang lebih tinggi, itu bisa menjadi racun bagi sistem saraf, sistem kekebalan, dan ginjal Anda. Ini juga dapat menyebabkan masalah perkembangan yang serius pada anak-anak, dengan efek samping bahkan dalam jumlah yang lebih rendah.

Karena ditemukan di laut yang tercemar, ikan laut besar dapat mengakumulasi merkuri dalam jumlah tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari ikan merkuri tinggi saat hamil dan menyusui.

Daging setengah matang, mentah, dan olahan

Beberapa masalah yang sama dengan ikan mentah juga memengaruhi daging yang kurang matang. Makan daging yang kurang matang atau mentah meningkatkan risiko infeksi dari beberapa bakteri atau parasit, termasuk Toxoplasma, E. coli, Listeria, dan Salmonella.

Bakteri dapat mengancam kesehatan si kecil, mungkin menyebabkan mati saat lahir atau penyakit saraf yang parah, termasuk cacat intelektual, kebutaan, dan epilepsi.

Meskipun sebagian besar bakteri ditemukan di permukaan potongan daging, bakteri lain mungkin tertinggal di dalam serat otot.

Daging potong, termasuk roti daging, burger, daging cincang, babi, dan unggas, tidak boleh dikonsumsi mentah atau setengah matang. Jadi pastikan masak sampai benar-benar matang.

Kafein

Anda mungkin salah satu dari jutaan orang yang menyukai secangkir kopi, teh, minuman ringan, atau coklat. Orang hamil umumnya disarankan untuk membatasi asupan kafein hingga kurang dari 200 miligram (mg) per hari, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

Kafein diserap dengan sangat cepat dan mudah masuk ke dalam plasenta. Karena bayi dan plasentanya tidak memiliki enzim utama yang dibutuhkan untuk memetabolisme kafein, kadar tinggi dapat menumpuk.

Asupan kafein yang tinggi selama kehamilan terbukti membatasi pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko berat badan lahir rendah saat melahirkan.

Ikan setengah matang atau mentah

Yang ini akan sulit bagi Anda penggemar sushi, tapi ini penting. Ikan mentah, terutama kerang, dapat menyebabkan beberapa infeksi. Ini bisa berupa infeksi virus, bakteri, atau parasit, seperti norovirus, Vibrio, Salmonella, dan Listeria.

Beberapa dari infeksi ini dapat mempengaruhi Anda, menyebabkan dehidrasi dan kelemahan. Infeksi lain dapat ditularkan ke bayi Anda dengan konsekuensi yang serius, atau bahkan fatal.

(Foto: Freepik/skawee)

YesDok Ads