Dekat Dengan Kucing Saat Hamil Bisa Keguguran, Benarkah?

August 20, 2022 | Aqiyu

Dekat Dengan Kucing Saat Hamil Bisa Keguguran, Benarkah?

Menjaga kesehatan kehamilan adalah hal yang penting dilakukan agar lancar sampai hari persalinan. Segala hal yang dapat menyebabkan masalah kesehatan apalagi mengancam keselamatan janin dalam kandung tentu dihindari. Sama seperti hal yang berkaitan dengan kucing. Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Namun, konon katanya ibu hamil tidak boleh dekat dengan kucing karena dapat menyebabkan keguguran. Benarkan demikian?

Sebenarnya main dengan kucing selama ibu hamil dapat memastikan kucing tersebut sehat, bersih dan terawat masih diperbolehkan. Namun sebaiknya ibu hamil menghindari kontak langsung dengan kotoran kucing. Serta benda-benda yang terkena kotoran kucing misalnya tanah atau pasir tempat kucing membuang kotoran.

Sebab, kucing bisa saja terinfeksi oleh parasit toksoplasma gondii yang kemudian akan dikeluarkan melalui tinjanya. Hal inilah yang membahayakan kesehatan kehamilan karena ibu hamil bisa terancam terkena parasit tersebut. Kondisi ini disebut dengan toksoplasmosis, penularannya melalui tangan ibu hamil yang tidak mencuci tangan lalu menyentuh mata, mulut atau wajah.

Bukan hanya itu, infeksi toksoplasma juga bisa menular saat mengonsumsi daging mentah atau setengah matang, sayuran yang tidak dicuci dengan bersih dan meminum air yang terkontaminasi. 

Apa bahaya jika ibu hamil mengalami toksoplasmosis?

YesDok Ads

Bila parasit toksoplasma menginfeksi seorang wanita 6-9 bulan sebelum dirinya hamil, maka tidak ada risiko yang ditimbulkan pada janin saat hamil. Karena tubuh sudah memiliki sistem kekebalan yang dapat mengatasi infeksi parasite toksoplasma. Namun, sangat berbahaya jika ibu hamil yang terkena infeksi toksoplasma. Ibu hamil yang mengalami toksoplasmosis kemungkinan besar infeksi tersebut menular pada janin. Maka janin dapat mengalami gangguan seperti kondisi lahir cacat hingga keguguran. 

Gejala ibu hamil yang mengalami toksoplasmosis akan merasakan sakit kepala, nyeri otot, flu hingga kelelahan. Cara mudah mencegah toksoplasma yakni dengan cara tidak dekat dengan tempat pembuangan kotoran kucing. Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan sebelum makan dan menyentuh anggota tubuh. 

Selain itu, mencuci peralatan masak, mengonsumsi makanan yang matang sempurna dan jangan lupa mencucinya sebelum dimasak. Jadi, berdekatan dengan kucing saat hamil tidak dilarang namun sebaiknya hindari kontak dengan kotoran kucing. 

(Foto: union lake)

YesDok Ads