Diet
+1

Daun-daunan Ini Baik untuk Kesehatan

March 11, 2021 | Claudia

daun mint

Sayuran berdaun adalah salah satu kelompok sayuran paling sehat. di luar sana. Banyak dari daun-daunan ini sudah menjadi bagian dari tradisi makanan di Indonesia. Misalnya, dalam tradisi sunda dikenal lalapan, yakni kumpulan sayuran berdaun hijau segar yang biasanya disajikan mentah sebagai pendamping lauk pauk. Lalapan biasanya terdiri dari kol, selada, kemangi, mentimun, dan terong. 

Namun, selain sayuran yang terdapat di lalapan, ada berbagai jenis sayuran berdaun lainnya yang juga sehat dan aman untuk dimakan, apa saja?

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung vitamin K dan sumber kalsium juga nitrat yang tinggi. Bayam juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang dibutuhkan untuk produksi jaringan epitel yang sehat. Bayam juga kaya zat besi, serat, rendah lemak, dan kolesterol, yang baik untuk mengontrol berat badan, mata, tulang, dan tekanan darah. 

Mint

Daun mint dapat digunakan sebagai penyegar mulut yang sangat baik bagi mereka yang menderita masalah bau mulut. Mengonsumsinya juga membantu mendinginkan perut dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Daun mint tidak hanya digunakan untuk kuliner tetapi juga untuk tujuan pengobatan. Tanaman ini juga memiliki sifat terapeutik.

Kubis

Kubis atau yang juga dikenal dengan kol, memiliki vitamin C yang lebih kaya daripada jeruk. Kubis memberikan asupan serat untuk menjaga buang air besar tetap teratur. Dikemas dengan fitokimia, kubis dapat membantu memecah radikal bebas sebelum dapat merusak tubuh Anda. Kubis kaya akan vitamin K dan serat dan juga merupakan sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik.

Selada air

Dikemas dengan nutrisi yang membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah kanker, selada air juga memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Misalnya saja, selada air mengandung lebih banyak zat besi daripada bayam, lebih banyak vitamin C dari jeruk, dan lebih banyak kalsium daripada segelas susu.

Sawi hijau

Sawi hijau adalah sayuran berdaun hijau yang populer. Sawi mengandung vitamin A yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mata serta kaya akan antioksidan.

Selada

Selada rendah kalori, lemak dan natrium. Sayuran ini merupakan sumber serat, zat besi, folat, dan vitamin C, yang ketika dikonsumsi akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, itu tadi adalah sebagian contoh dari beberapa daun-daunan yang menyehatkan bila dikonsumsi. Namun ingat, sebaiknya daun-daunan ini tidak dimasak terlalu matang, agar tidak menghilangkan kandungan gizi di dalamnya, sehingga manfaat dari daun-daunan tersebut dapat kita peroleh untuk kesehatan kita sepenuhnya.

YesDok Ads