Dari Terapi Hingga Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ini Manfaat Mandi Es

June 06, 2019 | Helmi

Ice baths atau mandi dalam es telah menjadi tren bagi para atlet dikarenakan manfaat yang ditawarkannya. Mandi dalam es juga disebut sebagai terapi dingin dengan beragam manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Terapi dingin adalah proses mengobati cedera dengan membuat tubuh terkena suhu dingin. Menempatkan kompres dingin pada pergelangan kaki yang terkilir adalah bentuk sederhana dari terapi ini. Prinsip terapi ini sederhana. Ketika Anda mendinginkan kulit, itu memaksa tubuh untuk mengerahkan lebih banyak upaya dalam mempertahankan suhu internal untuk terus berfungsi dengan baik. Bahkan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Mandi es adalah salah satu bentuk terapi dingin. Ini adalah proses di mana seseorang diminta untuk mencelupkan seluruh tubuhnya atau hanya bagian tertentu ke dalam bak air dengan suhu seperti es. Proses ini mengurangi rasa sakit dan mempercepat pemulihan dari cedera.

Metode ini telah digunakan sejak tahun 1700-an dan lebih umum di antara para atlet saat ini karena mereka lebih rentan terhadap cedera, seperti yang dilakukan Wellness Mama.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang disediakan pemandian es:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian, yang diterbitkan di US National Library of Medicine, hasilnya dapat menunjukkan bahwa terapi dingin dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan melawan pilek. Selain itu, paparan dingin juga meningkatkan leukosit yang melindungi tubuh terhadap penyakit.

YesDok Ads

Fungsi Otak yang Lebih Baik

Terapi dingin juga meningkatkan fokus mental karena proses melepaskan katekolamin dalam tubuh. Ini juga mengaktifkan sistem saraf simpatik dan meningkatkan produksi endorfin yang mengatur suasana hati seseorang. Selain itu, juga meningkatkan noradrenalin di otak yang meningkatkan fokus seseorang. Karena ada banyak reseptor dingin di kulit, mandi air dingin mengirim impuls listrik ke otak. Para ilmuwan percaya bahwa ini memiliki efek antidepresan.

Pemulihan Lebih Cepat

Salah satu penelitian kedokteran olahraga menyatakan bahwa merendam tubuh sekali saja dalam terapi es dapat membantu perbaikan otot karena aktivitas tersebut meningkatkan oksigenasi jaringan.

Sebaliknya, sebuah studi tahun 2015 menyatakan bahwa sementara mandi es dan bentuk-bentuk terapi dingin lainnya mengurangi rasa sakit dan peradangan, mereka juga bisa memperlambat proses pemulihan karena peradangan adalah proses penting yang memberi tahu tubuh ketika perlu melakukan sesuatu agar menjadi lebih kuat.

Meskipun demikian, banyak atlet masih menggunakan terapi dingin sebagai alat untuk pemulihan setelah latihan. Ini karena dingin diyakini mengurangi pembengkakan dan penumpukan asam laktat, yang biasanya menyebabkan nyeri pada bagian otot.

(Foto: Evenna)

YesDok Ads