0 Point
Diabetes Penyakit Keturunan

Dapatkah Diabetes Diwariskan Secara Genetik?

Faktor genetik dapat memainkan peran secara signifikan dalam mengembangkan penyakit diabetes terutama diabetes tipe 1. Namun apakah hal ini berlaku sama pada diabetes tipe 2? dan Apakah Diabetes Penyakit Keturunan?

Diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit kronis dimana kadar glukosa seseorang melebihi batas normal sehingga dapat mengganggu metabolisme tubuh. Gejala diabetes secara umumnya ditandai dengan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas serta frekuensi rasa haus yang tinggi.

Diabetes memiliki 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Apabila seseorang memiliki diabetes tipe 1, pankreas tidak mampu membuat insulin atau mereka menghasilkan sangat sedikit insulin. Kadar glukosa yang terlalu tinggi seiring waktu dapat merusak organ tubuh. Umumnya, diabetes tipe 1 dapat muncul pada masa kanak-kanak.

Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2, tubuh tidak mampu menggunakan insulin sesuai fungsinya dengan benar. Hal ini disebut dengan resistensi insulin. Berbagai faktor eksternal terutama gaya hidup yang buruk memengaruhi progresivitas gejala diabetes tipe 2. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan terutama mempertahankan berat badan yang ideal.

Apakah diabetes tipe 2 dapat diwariskan secara genetik?

Mengutip Medical News Today, the American Diabetes Association (ADA) menyatakan bahwa diabetes tipe 2 berkaitan dengan riwayat keluarga serta garis keturunan daripada diabetes tipe 1. Mereka juga menyatakan bahwa penelitian terhadap anak kembar menunjukkan bahwa genetika memainkan peran yang signifikan dalam diabetes tipe 2. 

ADA juga menyatakan bahwa melalui berolahraga dan memjaga berat badan normal, risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 kemungkinan rentan kecil.

Berikut adalah beberapa pencegahan diabetes tipe 2 yang bisa Anda terapkan

  • Tentukan target penurunan berat badan
  • Konsumsi makanan sehat penuh dengan sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Batasi asupan alkohol berlebihan
  • Berhenti merokok
  • Berolahraga rutin dan hindari duduk terlalu lama

Berikut adalah penjelasan mengenai apakah Diabetes Penyakit Keturunan? Simak informasi lainnya lebih lanjut di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok