Dapatkah Diabetes Diwariskan Secara Genetik?

December 02, 2022 | Kaifia

Diabetes Penyakit Keturunan

Faktor genetik dapat memainkan peran secara signifikan dalam mengembangkan penyakit diabetes terutama diabetes tipe 1. Namun apakah hal ini berlaku sama pada diabetes tipe 2? dan Apakah Diabetes Penyakit Keturunan?

Diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit kronis dimana kadar glukosa seseorang melebihi batas normal sehingga dapat mengganggu metabolisme tubuh. Gejala diabetes secara umumnya ditandai dengan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas serta frekuensi rasa haus yang tinggi.

Diabetes memiliki 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Apabila seseorang memiliki diabetes tipe 1, pankreas tidak mampu membuat insulin atau mereka menghasilkan sangat sedikit insulin. Kadar glukosa yang terlalu tinggi seiring waktu dapat merusak organ tubuh. Umumnya, diabetes tipe 1 dapat muncul pada masa kanak-kanak.

Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2, tubuh tidak mampu menggunakan insulin sesuai fungsinya dengan benar. Hal ini disebut dengan resistensi insulin. Berbagai faktor eksternal terutama gaya hidup yang buruk memengaruhi progresivitas gejala diabetes tipe 2. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan terutama mempertahankan berat badan yang ideal.

Apakah diabetes tipe 2 dapat diwariskan secara genetik?

Mengutip Medical News Today, the American Diabetes Association (ADA) menyatakan bahwa diabetes tipe 2 berkaitan dengan riwayat keluarga serta garis keturunan daripada diabetes tipe 1. Mereka juga menyatakan bahwa penelitian terhadap anak kembar menunjukkan bahwa genetika memainkan peran yang signifikan dalam diabetes tipe 2. 

YesDok Ads

ADA juga menyatakan bahwa melalui berolahraga dan memjaga berat badan normal, risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 kemungkinan rentan kecil.

Berikut adalah beberapa pencegahan diabetes tipe 2 yang bisa Anda terapkan

  • Tentukan target penurunan berat badan
  • Konsumsi makanan sehat penuh dengan sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Batasi asupan alkohol berlebihan
  • Berhenti merokok
  • Berolahraga rutin dan hindari duduk terlalu lama

Berikut adalah penjelasan mengenai apakah Diabetes Penyakit Keturunan? Simak informasi lainnya lebih lanjut di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads