Dampak Minum Kopi Tehadap Tubuh

January 23, 2022 | Iman

Kopi

Kopi merupakan minuman yang digemari oleh hampir semua orang sejak lama dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Kopi memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. 

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko kanker hati dan kanker kolorektal. Mengkonsumsi kopi juga dapat menurunkan resiko penyakit Alzheimer, Parkinson dan stroke.

Kopi dapat membuat tubuh kita terasa lebih segar dan tidak mudah capek karena kafein yang terkandung di dalamnya. Saat kita minum kopi, kafein akan masuk ke dalam tubuh kita, diserap dan masuk ke dalam darah kemudian sampai di otak, kafein bisa meningkatkan beberapa fungsi otak antara lain ingatan, kewaspadaan, memperbaiki mood, dan meningkatkan kecepatan dalam merespon sesuatu. 

Kafein di dalam kopi juga dapat membakar lemak. Banyak suplemen diet yang mengandung kafein karena kafein dapat meningkatkan metabolisme dengan cara membakar lemak dalam tubuh kita.

Dokter spesialis penyakit dalam Hermina Hospital, dr Esti Tantri A, SpPD mengatakan Selain beberapa dampak positif yang disebutkan diatas, kopi juga mempunyai beberapa dampak negatif diantaranya dapat menyebabkan munculnya keluhan rasa terbakar di dada. 

“Rasa terbakar di dada muncul akibat adanya peningkatan produksi asam lambung dan relaksasi otot yang bertugas menjaga makanan dan asam lambung tetap di dalam lambung, akibatnya asam lambung dan makanan naik ke tenggorokan dan menyebabkan sensasi panas di dada,” ucap dr  Esti.

Ia menjelaskan bahwa Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Hal ini diakibatkan kafein memblok efek adenosin, suatu struktur kimia di otak yang menimbulkan rasa lelah. Kafein juga memicu pelepasan adrenalin, hormon yang dapat memicu peningkatan energi. 

YesDok Ads

Sehingga konsumsi kafein dengan dosis tinggi (1000 mg/hari atau lebih) dapat memicu kecemasan, gelisah dan munculnya rasa gugup. Pada orang yang sensitif, dosis moderat sudah dapat memicu efek yang serupa dengan dosis tinggi. 

“Kafein juga dapat menyebabkan sulit tidur. Disarankan untuk mengkonsumsi kopi pada pagi atau siang hari supaya tidak terjadi gangguan tidur akibat kafein,” terang dr Esti.

Kafein dosis tinggi dapat meningkatkan denyut jantung sehingga terlalu banyak konsumsi kopi akan menyebabkan timbulnya keluhan dada berdebar-debar. 

Kafein mempunyai efek stimulasi terhadap kandung kemih sehingga semakin banyak dosis kafein yang masuk ke dalam tubuh akan terjadi peningkatan produksi urin dan peningkatan frekuensi berkemih.

“Dapat disimpulkan, konsumsi produk yang mengandung kafein dalam dosis ringan atau sedang, salah satunya kopi, memberikan dampak positif terhadap kesehatan. Sebaliknya jika terlalu banyak asupan kopi, dapat memberikan berbagai efek samping yang tidak baik bagi tubuh,” pungkas dr Esti. 

(Foto : pixabay)

YesDok Ads