Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Vitamin C

December 12, 2020 | Aqiyu

minum jus jeruk

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan seseorang wajib memenuhi nutrisi dan gizi. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan vitamin. Seperti diketahui vitamin dapat membantu menunjang fungsi sel. Vitamin sendiri dapat Anda peroleh dari makanan yang dikonsumsi hingga suplemen.

Meski vitamin C baik bagi kesehatan, anda tetap harus memerhatikan dosis yang tepat. Jangan sampai Anda ingin sehat malah justru menimbulkan masalah kesehatan. Vitamin C tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan hipervitaminos yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Vitamin C bila dikonsumsi dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan, diare, kram, mual dan muntah. Abhkan mengonsumsi vitamin C sebanyak 6 gram per hari bisa menyebabkan migran. Fatalnya lagi, kelebihan mengonsumsi vitamin C dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan kelainan jantung pada penderita gangguan penyimpanan zat besi.

Vitamin C yang bersumber dari makanan mungkin tidak akan menyebabkan gangguan apapun. Kelebihan vitamin C ini akan menganggu kesehatan bila dikonsumsinya dalam bentuk suplemen. Yanag biasanya mengandung dosis tinggi hingga 1000 mg. Menurut National Institutes of Health, vitamin C mengandung toksisitas yang rendah. Namun mengonsumsinya dalam dosis yang tinggi bisa membahayakan.

YesDok Ads

Lalu, berapa idealnya vitamin C yang dibutuhkan seseorang? Kebutuhan vitamin C setiap orang tentunya berbeda-beda. Dalam kondisi sehat, rata-rata oranag dewasa hanya membuthkan sekitar 90 mg vitamin C per harinya atau setara dengan dua buah jeruk. Panduan yang diterbitkan oleh The Institue of Medicine dari Amerika Serikat, takaran vitamin C sesuai usia sebagai berikut:

  • Anak usia 1 – 3 tahun: 15 mg
  • Anak usia 4 – 8 tahun: 25 mg
  • Remaja 9 – 13 tahun: 45 mg
  • Remaja 14 – 18 tahun: 65 – 75 mg
  • Wanita dewasa 19+ : 75 mg
  • Pria dewasa 19 : 90 mg
  •  Ibu hamil 19+: 85 mg
  • Ibu menyusui 19+: 120 mg

Fungsi vitamin C sendiri adalah untuk meingkatkan daya tahan tubuh, membantu tubuh memproduksi kolagen, mempercepat proses penyembuhan luka, melindungi sel-sel tubuh dari seranganradikal bebas. Vitamin C juga biasanya disebut dengan nama asam askorbat. Vitamin C alami dapat Anda peroleh dari buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, stroberi, kiwi, papaya, lemon hingga cabai merah.

(Foto: healtline)

YesDok Ads