Dampak Buruk Obesitas Pada Pria

January 28, 2023 | Aqiyu

Obesitas Pada Pria

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa dialami oleh siapapun, baik pada wanita dan pria sama-sama memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Apalagi pada pria yang sudah menjadi bapak-bapak. Jarum timbangan rasanya sangat mudah bergerak ke arah kanan. Nah, sebelum terlambat, yuk ketahui apa saja sih dampak buruk obesitas pada pria.

Obesitas bisa disebabkan oleh banyak faktor meliputi kebiasaan buruk sehari-hari yang ternyata berpengaruh pada berat badan. Adapun kebiasaan buruk tersebut seperti begadang, jangan gerak, merokok, hingga pola makan yang tidak sehat. Berikut ini dampak buruk obesitas pada pria yang wajib diketahui:

Penyakit jantung & stroke

Dilansir dari Kemenkes, obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke sampai empat kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki berat badan normal. Karena kelebihan berat badan bisa melepaskan zat-zat dalam darah yang dapat menyebabkan plak pecah dan  menyebabkan penyakit jantung.

Kanker prostat

Sebuah penelitian menyebabkan penambahan berat badan dapat meningkatkan risiko kematian akibat kanker prostat sebesar 7 persen pada pria. Hal ini akibatnya adanya peradangan yang disebabkan oleh lemak visceral.

Disfungsi ereksi

Obesitas menyebabkan berbagai penyakit serius seperti diabetes, hipertensi, hiperkolesterolemia dan hipertrigliseridemia. Dimana ragam penyakit tersebut dapat membuat kerusakan pembuluh darah, menurunnya testosteron dan peradangan yang memicu disfungsi ereksi.

Gangguan kesuburan

Risiko gangguan kesuburan mengintai pria yang mengalami obesitas. Karena timbunan lemak dalam tubuh bisa membuat kestabilan hormon terganggu.

Sleep apnea

Obesitas adalah salah satu penyebab gangguan tidur sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang berpotensi serius ketika napas berhenti dan berlanjut berulang kali. Sleep apnea pun lebih sering terjadi pada pria. Bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebihan disarankan untuk melakukan diet sehat guna menurunkan berat badan.

Diabetes

Orang dengan obesitas berisiko mengidap diabetes lebih besar dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal. Karena pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Berikut adalah dampak buruk obesitas pada pria yang wajib diketahui.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: freepik)

YesDok Ads