Dampak Buruk Merokok Pada Ibu Menyusui

June 04, 2022 | Aqiyu

Dampak Buruk Merokok Pada Ibu Menyusui

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika merokok dapat memberikan dampak yang buruk pada kesehatan. Bahkan dampaknya bukan hanya dirasakan oleh perokok aktif saja tetapi juga pada perokok pasif. Menjadi perokok pasif ini bisa dialami oleh siapapun, bahkan tidak terkecuali pada ibu menyusui. Ibu menyusui dan bayinya dapat terpapar asap rokok kapan dan dimanapun dan hal ini harus dihindari.

Menurut data WHO, memperkirakan hampir sekitar 700 juta anak atau sekitar setengah dari seluruh anak di dunia, termasuk bayi yang masih menyusu pada ibunya, terpaksa mengisap udara yang terpolusi oleh asap rokok. Ironisnya, hal itu justru terjadi lebih banyak di lingkungan terdekatnya seperti di rumah mereka sendiri.

Pasalnya, ibu menyusui yang merokok atau sering terpapar asap rokok dapat mengalami masalah kesehatan. Mengingat asap rokok mengandung ribuan bahan kimia seperti benzena, hidrogen sianida, nikotin, tar dan karbon monoksida. Dimana jika terhirup oleh ibu menyusui, bahan kimia tersebut dapat mengendap pada ASI. Bahkan racun dari asap rokok tersebut dapat menurunkan kadar hormon prolaktin dalam tubuh sehingga produksi ASI akan berkurang drastis. 

Penelitian di Santiago, Chili, menemukan fakta bahwa asap rokok yang terhirup oleh ibu menyusui dapat menghambat produksi ASI. Bahkan dalam waktu tiga bulan, terlihat pengaruhnya pada berat badan bayi dan menunjukkan pertumbuhan yang tidak optimal.

YesDok Ads

Fatalnya lagi, pengaruh rokok ini dapat mengubah kualitas ASI yang diproduksi oleh ibu menyusu. Mulai dari komposisi hingga rasa ASi dapat berubah akibat paparan asap rokok. Jika si kecil meminum ASI yang terkena bahan kimia rokok dapat menyebabkan bayi mengalami kolik. Kolik merupakan kondisi dimana si kecil menangis tanpa alasan yang jelas secara berlebihan sekitar 3 jam atau lebih dalam sehari.

Apalagi semakin bahaya jika asap rokok terhirup asap rokok, baik secara langsung atau menghirup melalui racun yang menempel pada pakaian orang tuanya. Masalah kesehatan yang lebih serius dapat mengincar si kecil. biasanya masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat paparan asap rokok adalah masalah pernapasan meliputi sinus, bronkitis, dan radang paru-paru.

 (Foto: Rahet Bally)

YesDok Ads