Diet
+1

Daftar Makanan yang Tidak Menaikkan Kadar Gula Darah

December 15, 2020 | Claudia

Makarel

Bagi Anda yang memiliki kondisi diabetes, memilih makanan apa saja yang aman untuk dikonsumsi sangat penting. Pasalnya, beberapa makanan bisa menaikkan kadar gula darah, yang jelas berbahaya bagi penderita diabetes.

Jika Anda pintar-pintar memilih, beberapa makanan atau minuman tetap dapat memberikan rasa kenyang dan nikmat di lidah, meski tidak menaikkan kadar gula darah. Makanan ini dikategorikan ke dalam makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Lalu, makanan apa sajakah itu?

Avokad

Asam lemak tak jenuh ganda dan asam lemak tak jenuh tunggal adalah komponen penting dari diet rendah gula. Mengonsumsi avokad dapat membuat seseorang merasa kenyang, sekaligus memiliki dampak yang sehat terhadap peradangan dan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa avokad dapat menurunkan risiko sindrom metabolik. Ini merupakan sekelompok faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko diabetes. Ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit yang memengaruhi pembuluh darah, seperti penyakit jantung dan stroke.

Ikan berlemak

Protein membantu tubuh memelihara dan memperbaiki dirinya sendiri dari kerusakan. Konsumsi protein aman untuk penderita diabetes, karena tidak memengaruhi kadar gula darah. Protein juga dapat memberikan rasa kenyang, jadi mengandalkan protein sebagai pengganti roti, nasi, atau pasta bisa menjadi cara yang baik untuk mengelola gula darah Anda.

Ikan berlemak merupakan salah satu sumber protein yang baik, karena mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa ikan berlemak yang baik untuk dikonsumsi adalah:

YesDok Ads

  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Ikan trout
  • Ikan makarel

Bawang putih

Bawang putih berpotensi membantu mengatur gula darah. Penelitian menunjukkan asupan bawang putih dapat menurunkan kadar gula darah puasa, yang merupakan kadar gula darah saat Anda belum makan. Studi serupa juga menunjukkan bahwa bawang bombay memiliki efek positif pada kadar gula darah.

Bawang putih tidak memiliki peringkat indeks glikemik karena tidak mengandung karbohidrat dan tidak meningkatkan kadar gula darah. Tambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan Anda agar makanan terasa lebih sedap dan sehat.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau tinggi serat dan nutrisi seperti magnesium dan vitamin A. Nutrisi ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes yakni:

  • Bayam
  • Selada
  • Sawi
  • Lobak hijau
  • Kubis

Semua sayuran hijau memiliki indeks glikemik rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

(Foto: realfood.tesco.com)

YesDok Ads