Daftar Makanan yang Dapat Mencegah Penyumbatan Arteri

July 10, 2022 | Iman

Buah jeruk

Pembuluh darah arteri yang tidak sehat terus menjadi masalah kesehatan yang besar di seluruh dunia. 

Sebagian besar kasus kematian terjadi setiap tahun disebabkan oleh masalah jantung yang berasal dari arteri tersumbat oleh timbunan lemak yang disebut kolesterol. Penyumbatan tersebut menghentikan aliran darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Perlu diketahui, konsumsi tinggi gula dan tinggi karbohidrat, bersama dengan gaya hidup kurang aktif dan lesu dapat menyebabkan obesitas, sehingga meningkatankan jumlah kolesterol jahat yang dapat menyumbat arteri Anda. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk makan makanan yang kaya nutrisi dan antioksidan untuk dapat membantu mengurangi kolesterol dan menjaga kadar gula darah tetap rendah. Berikut adalah daftar makanan tersebut.

1. Buah jeruk

Buah ini memiliki kandungan vitamin C, buah lainnya seperti lemon, jeruk bali, nanas juga memiliki antioksidan kuat yang disebut flavonoid dimana senyawa tersebut dapat membunuh radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit.

2. Biji rami

Makanan ini dikenal sebagai sumber omega-3 nabati terbaik dengan ditambah kandungan antioksidan dan serat. Makan biji rami secara teratur dapat membantu menurunkan gula darah dan membuka blokir arteri dengan menurunkan kadar kolesterol.

YesDok Ads

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti sarden dan salmon kaya akan kandungan lemak omega-3 yang memiliki efek perlindungan seperti membersihkan arteri selain pengurangan agregasi trombosit, trigliserida rendah, dan peningkatan kadar kolesterol baik.

4. Minyak zaitun

Salah satu minyak paling populer untuk melawan kolesterol jahat, minyak zaitun juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan senyawa antioksidan yang baik sehingga dapat membantu dalam mengurangi kadar gula darah dan mengurangi risiko tertular diabetes tipe 2 sebesar 16 persen.

5. Alpukat

Buah ini dikenal dapat menstabilkan kadar kolesterol, kadar gula darah dan membantu membersihkan arteri secara teratur.

(Foto: healthfitnessrevolution)

YesDok Ads