Daftar Buah yang Baik Bagi Kesehatan Jantung

February 14, 2022 | Iman

Buah untuk Jantung

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, ada 15 dari 1.000 orang yang menderita penyakit jantung di Indonesia. Secara umum, penyakit jantung merujuk pada penumpukan plak di arteri koroner yang menyuplai darah ke jantung atau penumpukan plak di arteri perifer (kaki) yang menyuplai darah ke jantung dan otak. 

Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat mengakibatkan stroke atau serangan jantung. Untungnya, kondisi ini dapat dicegah, namun tren saat ini menunjukkan serangan jantung semakin banyak menyerang usia muda. 

Hal ini bukan semata disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi juga karena gaya hidup. Merokok, obesitas, darah tinggi dan diabetes merupakan penyebab tersering terjadinya serangan jantung. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu cara sederhananya adalah dengan konsumsi buah, diketahui ada beberapa buah yang baik untuk jantung, berikut diantaranya.

1. Pisang

Buah ini mengandung kalium yang dibutuhkan oleh tubuh kita, untuk menyehatkan jantung. Kalium dapat mengontrol tekanan darah dan juga mengurangi ketegangan pada pembukuh darah jantung. Dengan mengonsumsi satu buah pisang kita sudah memenuhi 9% rekomendasi asupan kalium harian.

2. Buah Sitrus

Buah sitrus merupakan golongan buah yang terdari jeruk, jeruk limau, lemon, jeruk nipis, dan pomelo. Buah-buahan ini mengandung serat berserta antioksida flavonoid dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Apel

Apel mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Dikarenakan, apel megandung serat larut, yaitu jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Apel juga mengandung polifenol, yang memiliki sebuah efek antioksidan.

4. Jeruk

Buah yang mengandung banyak air dan menyegarkan ini, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, serta menurunkan kadar kolesterol sehingga sangat baik untuk jantung. Jeruk banyak mengandung vitamin C, serat, kolin, dan juga kalium. Semua komponen ini sangatlah baik untuk jantung.

5. Kiwi

Buah yang dagingnya berwarna hijau segar ini mengandung kalium yang sama dengan pisang. Satu buah kiwi memiliki kandungan kalium sebesar 215 gram atau setara dengan 5% dari RAH orang dewasa.

(Foto: medicalnewstoday)

YesDok Ads