Cuka untuk Pengobatan Infeksi Jamur di Kaki

October 07, 2020 | Claudia

Infeksi jamur

Ada berbagai hal yang dapat menginfeksi tubuh kita, salah satunya jamur. Jamur paling sering menginfeksi area kaki, yang biasanya lembap, dan kurang diperhatikan kebersihannya.

Jamur bisa tumbuh di kuku jari kaki, yang terjadi akibat menginjak lantai yang lembap, berbagi alas kaki dengan seseorang yang mengalami infeksi jamur, menginjak area yang kotor, dan lain-lain. Infeksi jamur di area kaki bukanlah satu hal yang bisa dianggap sepele, Anda harus segera mencari solusinya.

Salep antijamur atau minyak esensial memang bisa membantu mengatasi infeksi jamur. Namun, Anda juga bisa mencoba pengobatan alami menggunakan cuka. Cuka telah lama menjadi agen antimikroba yang digunakan untuk mengatasi infeksi jamur.

Sifat asam dari cukalah yang berperan menyembuhkan infeksi jamur. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis cuka yang tersedia, dari mulai cuka putih, cuka sari apel, cuka anggur, cuka madu, cuka kelapa, cuka kismis, dan cuka-cuka lainnya.

Cuka sari apel merupakan jenis cuka yang paling kuat dan dipercaya paling efektif untuk mengatasi infeksi jamur. Penggunaan cuka sari apel memang sudah dikenal dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, dari mulai jerawat hingga infeksi jamur.

YesDok Ads

Untuk menggunakan cuka sari apel sebagai pengobatan untuk infeksi jamur, encerkan terlebih dahulu cuka sari apel dengan air, dengan perbandingan 50 persen air dan 50 persen cuka sari apel. Dengan bantuan kapas, usapkan cuka sari apel secara rutin pada area kaki yang kerap mengalami infeksi jamur, termasuk kuku-kuku kaki.

Selain itu, Anda juga bisa mencelupkan kuku-kuku kaki yang mengalami infeksi jamur pada larutan air dan cuka sari apel. Celupkan kaki Anda selama setengah jam, dan lakukan perawatan ini setidaknya tiga kali sehari untuk penyembuhan yang maksimal.

Sifat asam dari cuka juga membantu meredakan gatal akibat infeksi jamur. Selain itu, asam pada cuka juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Merawat kaki Anda dengan cuka sari apel juga membantu mencegah tumbuhnya jamur yang kemudian dapat menginfeksi di kemudian hari.

(Foto: wendyls.co.nz)

YesDok Ads