Cryptic Pregnancy, Kehamilan Samar yang Tidak Terdeteksi

July 27, 2020 | Aqiyu

Kehamilan

Belakangan ini masyarakat dibuat kaget dengan berita heboh dari ibu asal Tasikmalaya yang melahirkan seorang bayi laki-laki setelah hamil satu jam. Ibu tersebut merasakan sakit luar biasa pada bagian perutnya. Diikuti dengan perutnya yang semakin membesar dan mengeras layaknya ibu hamil sembilan bulan.

Ibu tersebut tidak merasakan tanda-tanda kehamilan sebelumnya. Bahkan dirinya kerap menstruasi setiap bulannya. Melansir dari laman medicalnewstoday, dalam dunia medis, kejadian melahirkan tanpa proses kehamilan yang panjang disebut dengan cryptic pregnancy atau kehamilan samar. Dalam kejadian seperti ini, wanita akan merasakan kehamilan di trimester terakhir atau beberap jam saja sebelum melahirkan. Namun, kasus ini jarang terjadi dan termasuk langka, hanya 1 dari 475 kasus kehamilan di dunia.

Karena kondisi langka, cryptic pregnancy ini sulit dideteksi melalui alat tes kesehatan konvensional. Tes kehamilan juga akan negatif walaupun Anda melewatkan menstruasi. Hormon yang meningkat selama kehamilan bisa menimbulkan pendarahan mirip menstruasi. Sehingga wanita yang mengalami cryptic pregnancy tidak melakukan tes kehamilan. Apalagi jika wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

Gejala cryptic pregnancy adalah pendarahan saat kehamilan yang berumur pendek seperti siklus menstruasi, mual atau muntah ringan dan bisa keliru dengan kondisi kesehatan lainnya. Janin dalam kandungan normal seperti kehamilan pada umumnya, namun letaknya dibelakang rahim menuju tulang belakang. Gerakan dalam janin bisa mirip seperti adanya gas pada perut dan kenaikan berat badan yang lambat pada ibu yang mengidap cryptic pregnancy.

YesDok Ads

Persalinan pada ibu yang mengidap cryptic pregnancy sama dengan ibu hamil yang akan melahirkan. Pengidapnya akan merasakan kontraksi, leher rahum merenggang untuk jalan lahir. Begitu juga pada bagian serviks yang merenggang serta tubuh yang ingin mendorong bayi keluar dari jalan lahir. Bedanya, dengan ibu yang hamil normal adalah kehamilan yang tidak disadarinya ini mungkin tidak diharapkan. Sehingga saat bayi lahir bisa menimbulkan tekanan psikologis atau baby blues parah.

Ditambah lagi, ibu yang mengidap cryptic pregnancy tidak memiliki riwayat atau catatan kesehatan di rumah sakit. Bayi dalam kandungan rentan lahir secara prematur, berat badan lahir rendahdan masalah perkembangan lainnya karena tidak rutin memeriksakan kehamilan. Penyebab terjadinya cryptic pregnancy karena faktor PCOS, perimenopause, pil KB atau alat kontrasepsi, lemak tubuh rendah hingga stres.

(Foto:  webmd)

YesDok Ads