0 Point
Dua orang sedang berlari.

Cripe Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Demi menjaga kesehatan, kita disarankan untuk rutin melakukan olahraga. Tak hanya menyehatkan, olahraga juga memiliki banyak manfaat seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kondisi jantung dan menguatkan otot tubuh. Tak hanya bagi orang sehat, orang yang menderita penyakit tertentu juga tetap perlu melakukan olahraga, termasuk penderita diabetes.

Olahraga pada penderita diabetes bertujuan menjaga kesehatan dan mencegah bertambah parahnya penyakit yang diderita. Namun, tak semua olahraga bisa dilakukan penderita diabetes. Olahraga yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah olahraga dengan pola CRIPE.

Mengenal CRIPE

CRIPE merupakan olahraga yang menerapkan pola Continous, Rhythmical, Interval, Progressive, dan Endurance bagi penderita gula darah. 

Continous merupakan kegiatan olahraga yang dilakukan secara berkelanjutan dalam waktu yang sama yaitu selama 50-60 menit tanpa berhenti. 

Rhythmical, olahraga yang dilakukan dengan gerakan berirama dan teratur. 

Interval, kegiatan olahraga yang dilakukan dengan melakukan kombinasi secara bergantian misalnya olahraga yang dilakukan dengan tempo cepat dan diselingi dengan tempo lambat.

Progressive, kegiatan olahraga dengan berat beban latihan yang semakin meningkat dan dilakukan secara bertahap. 

Endurance yang merupakan bagian dari pola olahraga untuk meningkatkan fungsi jantung.

CRIPE sangat disarankan untuk dilakukan oleh penderita diabetes. Sebab, saat melakukan olahraga jenis ini otot-otot tubuh akan bekerja membantu menurunkan kadar gula darah. Beberapa jenis olahraga yang disarankan bagi penderita diabetes dengan mengikuti pola CRIPE ini yaitu:

Jalan cepat

Jalan cepat merupakan olahraga yang sangat sesuai dengan pola CRIPE. Beberapa manfaat yang bisa didapat adalah sel-sel tubuh akan sensitif terhadap insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak darah.

Renang

Dengan berenang, Anda bisa menerapkan pola kombinasi. Bila saat awal berenang Anda melakukannya dengan tempo sedang, secara perlahan Anda bisa meningkatkan kecepatan berenang. Saat inilah, secara otomatis otot tubuh akan bekerja dan membuat tubuh menyerap nutrisi tubuh ke dalam sel otot. Proses bekerjanya otot tubuh manusia ini akan membantu Anda menjaga kadar gula darah dengan baik. 

Bersepeda

Kegiatan bersepeda selama satu setengah jam setiap hari tidak hanya membantu membakar kalori tubuh, namun juga bantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga bantu menstabilkan gula darah. 

Penderita diabetes disarankan untuk melakukan kegiatan olahraga seperti ini sebanyak tiga kali dalam seminggu dan tak lupa melakukan pemeriksaan gula darah sebelum dan sesudah kegiatan berolahraga untuk mengetahui efektifitas pola CRIPE yang dilakukan.

(Foto: shutterstock.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok