Covid-19 Berpotensi Jadi Endemik, Segera Vaksinasi!

September 05, 2021 | Aqiyu

endemik

Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa pandemi Covid-19 saat ini kemungkinan besar berpotensi menjadi endemic. Bahkan beberapa negara telah memutuskan untuk mulai belajar hidup berdampingan dengan Covid-19.

Menurut KBBI, endemik adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat atau hawar. Endemi dijabarkan berdasarkan karakteristik populasi, lingkungan, atau wilayah tertentu. Contoh penyakit endemik di Indonesia adalah cacar air, demam berdarah, campak dan HIV.

Melihat potensi Covid-19 dari pandemic jadi endemic, pemerintah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi skenario perkembangan pandemi Covid-19 dalam jangka panjang. Pemerintah mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menyegerakan vaksinasi sebagai salah satu langkah awal menuju tatanan kehidupan baru yang berdampingan dengan Covid-19.

Sejak Maret 2020, WHO telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi akibat tingkat penyebarannya yang eksponensial secara global. Oleh karena itu, Covid-19 tidak dikategorikan sebagai epidemi karena tidak terbatas pada satu wilayah geografis semata. Covid-19 bisa dikategorikan sebagai endemik apabila terus hadir secara konstan dalam populasi di wilayah geografis tertentu, dengan tingkat dan pola penularan yang sudah lebih terprediksi.

Dilansir dari Satgas Covid-19, bukan hanya WHO yang telah menyampaikan pandangan tersebut, sejumlah negara juga menyepakati bahwa Covid-19 berpotensi menjadi endemi. Salah satunya adalah Malaysia yang telah mengajak seluruh warganya untuk bersiap dengan kemungkinan hidup bersama Covid-19 sebagai endemik. 

YesDok Ads

“Instrumen yang cukup membedakan pandemi dan endemi adalah prediktabilitas. Setelah menjadi endemik, penyebaran wabah lebih dapat diperkirakan, sehingga kita dapat menyusun langkah-langkah antisipasi. Jadi, meskipun kita akan hidup bersama Covid-19 dalam waktu lama, namun situasi akan lebih terkendali,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany menyatakan bahwa di mana pun di dunia, pandemi akan dapat berubah menjadi endemi. Kapan waktunya,  WHO yang akan mengeluarkan standar tersebut.

Hasbullah juta menambahkan, “Siapapun bisa terkena penyakit endemik tersebut. Agar tidak tertular, sederhana. Pakai masker. Selain itu cuci tangan yang bersih, jaga jarak, dan selalu waspada menganggap orang di dekat kita berisiko membawa virus. Jadi disiplin diri adalah kuncinya.”

MenKominfo Johnny menegaskan hal serupa. Untuk mengantisipasi perubahan status Covid-19 menjadi endemik di Indonesia, seluruh masyarakat Indonesia harus berpartisipasi aktif dalam menjaga kedisiplinan menggunakan masker dan menyegerakan vaksinasi. Menkominfo Johnny menambahkan, protokol kesehatan lain seperti menjaga jarak dan rajin mencuci tangan juga tak kalah penting untuk selalu diterapkan.

(Foto: OHSU News)

YesDok Ads