Corbevax jadi Pilihan Vaksin Baru dengan Harga Terjangkau

January 28, 2022 | Helmi

ilustrasi vaksin corbevax

Setelah banyaknya jenis vaksin COVID-19 yang beredar, kini dunia kembali memiliki vaksin baru. Kelebihan dari vaksin baru dengan nama Corbevax ini adalah harga per dosis yang lebih terjangkau dan tetap efektif

Semua vaksin COVID-19 mengajarkan sistem kekebalan bagaimana mengenali virus dan mempersiapkan tubuh untuk melakukan serangan. Vaksin Corbevax adalah vaksin subunit protein. Ini menggunakan sepotong protein lonjakan yang tidak berbahaya dari virus corona yang menyebabkan COVID-19 untuk merangsang dan mempersiapkan sistem kekebalan tubuh untuk menghadapi virus di masa depan.

Tidak seperti tiga vaksin – Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson, yang memberikan instruksi tubuh tentang cara memproduksi protein lonjakan – Corbevax mengirimkan protein lonjakan ke tubuh secara langsung. 

Seperti vaksin mRNA COVID-19 yang disetujui lainnya, Corbevax juga membutuhkan dua dosis. Corbevax dikembangkan oleh co-direktur Pusat Pengembangan Vaksin Rumah Sakit Anak Texas di Baylor College of Medicine, Drs. Maria Elena Bottazzi dan Peter Hotez.

YesDok Ads

Selama wabah SARS 2003, para peneliti ini menciptakan jenis vaksin yang serupa dengan memasukkan informasi genetik untuk sebagian protein lonjakan virus SARS ke dalam ragi untuk menghasilkan protein dalam jumlah besar. Setelah mengisolasi protein lonjakan virus dari ragi dan menambahkan adjuvant, yang membantu memicu respons imun, vaksin siap digunakan.

Sebuah uji klinis besar berbasis di AS menemukan bahwa vaksin tersebut aman, dapat ditoleransi dengan baik, dan lebih dari 90% efektif dalam mencegah infeksi simtomatik. Vaksin menerima otorisasi penggunaan darurat di India, dan negara-negara berkembang lainnya diharapkan untuk mengikuti.

Diharapkan vaksin ini dapat menjangkau negara-negara miskin yang kesulitan untuk mendapatkan akses vaksin COVID-19.

YesDok Ads