Cokelat Bisa Bikin Batuk, Mitos Atau Fakta?

December 04, 2022 | Aqiyu

Cokelat Bikin Batuk

Siapa yang tidak suka cokelat? Makanan bercita rasa manis ini dapat membantu memperbaiki suasana hati. Apalagi cokelat bila dikonsumsi dengan benar dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Lantas bagaimana dengan kabar yang mengatakan bahwa cokelat bisa bikin batuk?

Sebenarnya sampai saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa cokelat dapat menyebabkan batuk. Justru sebaliknya, ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa cokelat bisa meredakan batuk. Salah satunya penelitian yang dilakukan di University of Hull oleh kepala penelitian kardiovaskuler dan pernapasan. Penelitian ini membuktikan kandungan cokelat yang disebut dengan theobromine dapat menyembuhkan batuk. 

Zat ini ternyata mampu menekan aktivitas saraf vagus yang berperan dalam mekanisme terjadinya batuk. Selain itu, zat ini dipercaya dapat lebih baik menghentikan refleks batuk daripada kodein yang menjadi bahan utama dark obat batuk. Bahkan cokelat dapat dikonsumsi untuk mencegah batuk. Bila Anda mulai mengalami gejala batuk, Anda bisa mencoba makan cokelat.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa cokelat tidak seperti obat batu yang dijual dipasaran. Kandungan pada cokelat yang dapat membantu menyembuhkan batuk ini tidak memiliki efek samping bagi tubuh seperti mengantuk. Itu artinya cokelat dapat dikonsumsi kapan saja dan sangat ramah bagi yang pekerja serta orang yang sedang mengendarai kendaraan.

YesDok Ads

Agar khasiat dari cokelat dirasakan secara maksimal, pastikan cokelat tidak diolah menjadi cair atau dengan cara diseduh. Bila cokelat dicairkan maka tidak dapat menempel dengan tenggorokan. Sehingga tidak dapat membentuk lapisan pelindung untuk mengatasi batuk. Jadi, sebaiknya cokelat dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Anda hanya dianjurkan mengonsumsi sebatang cokelat hitam sehari dna tidak lebih. Sebab. Efek lainnya jika mengonsumsi cokelat berlebihan adalah kenaikan berat badan.

Meski cokelat dapat mengatasi batuk, namun jika batuk sudah berlangsung berhari-hari dan tidak kunjung sembuh sebaiknya jangan tunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena batuk yang berlangsung lama bisa menjadi indikasi dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Berikut fakta mengenai apakah Cokelat Bikin Batuk. YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: cleveland clinic)

YesDok Ads