Coba Periksa, Ini Tanda Gigi dan Mulut yang Sehat

November 21, 2020 | Claudia

Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting. Pasalnya, kesehatan gigi dan mulut yang terganggu, bisa sebabkan ketidaknyamanan dan bahkan mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kesehatan gigi dan mulut juga mencerminkan kesehatan tubuh Anda. Coba bayangkan, jika sehari-hari Anda diganggu oleh sakit gigi, ini akan menyulitkan Anda untuk makan. Sementara, perut Anda yang lapar tetap harus diisi, dan juga tubuh Anda tetap membutuhkan nutrisi penting agar dapat berfungsi dengan baik.

Untuk itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya. Ini beberapa tanda bahwa kesehatan gigi dan mulut Anda sudah terjaga dengan baik:

Gigi putih

Tak hanya menunjang penampilan, gigi putih juga menjadi pertanda bahwa kesehatan gigi Anda telah terawat dengan baik. Gigi yang putih menandakan bahwa anda tak memiliki lapisan kotor pada gigi. Untuk mendapatkannya, sikatlah gigi Anda dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan perawatan gigi dengan menggunakan dental floss untuk membuatnya lebih bersih. Tak hanya itu, cobalah untuk membersihkan gigi Anda dari karang gigi setiap 6-8 bulan sekali di klinik dokter gigi.

YesDok Ads

Gusi berwarna merah muda

Cobalah bergegas ke cermin dan lihat bagaimana warna gusi Anda? Gusi yang berwarna merah muda menandakan bahwa kesehatan gigi dan mulut Anda telah terjaga dengan baik. Ini karena gusi merah muda menunjukkan bahwa ada banyak aliran darah di gusi. Ini membuat gusi cukup kuat untuk menahan gigi tetap pada tempatnya. Berhati-hatilah jika melihat perubahan warna pada gusi, karena ini menunjukkan bahwa kondisi gigi dan mulut Anda tidak sehat.

Lidah memiliki warna yang segar

Jika lidah Anda berwarna kemerahan dan tidak kering, maka kesehatan gigi dan mulut Anda dipastikan dalam keadaan yang baik. Lidah yang kering juga menggambarkan masalah yang terjadi pada gusi dan gigi. Rutin membersihkan lidah dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan masalah pada gigi dan mulut. Jika lidah Anda kering dan putih, segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan medis yang tepat. 

(Foto: mayfairdentalcenter.com)

YesDok Ads