Coba Lakukan Ini Jika Alami Cedera Bahu

February 27, 2020 | Claudia

Cedera bahu

Berolahraga merupakan salah satu bentuk gaya hidup sehat yang seharusnya dijalankan oleh semua orang. Beberapa orang malas berolahraga, dan ketika mereka mau untuk mulai mencoba berolahraga tubuh terasa sangat kaku dan pada akhirnya terjadi cedera.

Cedera memang bisa terjadi pada siapa saja, bahkan binaragawan sekalipun. Cedera bisa saja disebabkan oleh gerak tubuh yang berlebihan atau tekanan dan peregangan otot yang tidak diinginkan. Salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami cedera saat berolahraga adalah bahu.

Umumnya, cedera bahu disebut sebagai tendinitis. Ini bisa terjadi akibat penggunaan lengan yang berlebihan, misalnya pada saat berolahraga. Masalah ini paling sering muncul pada atlet renang dan baseball.

Saat mengalami cedera bahu, ada beberapa perawatan yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini, apa saja?

YesDok Ads

  1. Perawatan yang paling penting untuk pulih dari cedera bahu adalah istirahat. Bersandarlah pada kursi dengan bantalan yang lembut dan empuk, dan bersantailah selama beberapa saat. Ini dapat meredakan rasa sakit di area bahu secara perlahan.
  2. Kompres dingin atau kompres panas, juga dapat membantu merelaksasi otot yang tegang atau bahkan cedera di area bahu. Siapkan kompres dingin dengan membungkus beberapa butir es batu dalam sebuah kain bersih. Tekan kompres es pada bagian bahu yang sakit setiap 45 menit sekali, untuk dapat mengurangi rasa nyeri akibat cedera. Selain kompres, terapi dengan pijatan menggunakan minyak hangat juga dapat membantu meredakan rasa sakit di area bahu. Jika rasa sakit sudah sedikit berkurang, latihan fisik sederhana juga dapat membantu merawat bahu yang cedera.
  3. Jika rasa sakit masih berlanjut bahkan setelah melakukan perawatan cedera bahu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka pilihan selanjutnya adalah memeriksakan diri ke dokter. Cedera bisa diatasi dengan terapi pengobatan, atau jika cedera masuk dalam kategori parah, maka diperlukan adanya operasi atau pembedahan.

Setelah pulih dari cedera bahu, Anda dapat kembali berolahraga asal ingat untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan dapat membantu meregangkan otot dan mempersiapkan tubuh untuk memulai olahraga yang lebih intens.

Jangan langsung melakukan olahraga yang terlalu berat dengan intensitas yang tinggi. Mulailah dengan olahraga yang ringan, sehingga tubuh bisa membiasakan diri terlebih dahulu setelah pulih dari cedera.

(Foto: buoyhealth.com)

YesDok Ads