0 Point
rahim sehat

Ciri-Ciri Rahim Subur dan Sehat

Rahim adalah organ reproduksi yang penting bagi wanita. Dimana rahim menjadi tempat untuk janin tumbuh dan berkembang selama kehamilan hingga siap dilahirkan. Untuk itu, “rumah” sementara untuk bayi ini harus dirawat kesehatannya agar janin pun tumbuh baik dan nyaman selama dalam kandungan. 

Rahim dapat dikatakan sehat dan subur apabila kondisinya tidak menimbulkan gejala tertentu dan tidak ditemukannya gangguan saat pemeriksaan USG. Berikut ciri rahim sehat dan subur yang wajib diketahui:

Siklus menstruasi yang normal

Rahim yang sehat ditandai dengan siklus haid yang lancar setiap bulan. Normalnya siklus menstruasi terjadi setiap 21-35 hari dengan lama pendarahan selama 2-7 hari. Saat menstruasi pun darah yang dikeluarkan hanya banyak di awalnya saja lalu semakin berkurang. Itu artinya, bila tidak menstruasi lebih dari 3 bulan berturut-turut bisa menjadi tanda terjadinya masalah kesehatan pada rahim.

Nyeri menstruasi yang normal

Menstruasi yang dialami oleh wanita terkadang menimbulkan nyeri, baik dibagian perut ataupun sekitar pinggang. Tingkat nyeri menstruasi yang dialami wanita pun berbeda-beda. Nyeri menstruasi yang normal umumnya ringan, berlangsung selama 12-72 jam dan dirasakan 1-2 hari sebelum menstruasi atau saat hari pertama haid. Namun bila saat menstruasi nyeri atau berhubungan intim yang ditimbulkan sangat hebat sebaiknya segera memeriksakan kondisi rahim Anda.

Keputihan yang normal

Keputihan yang normal juga merupakan salah satu ciri-ciri rahim yang sehat dan subur. Biasanya, keputihan yang normal akan muncul dua minggu menjelang menstruasi. Keputihan yang normal juga meliputi warnanya yang bening atau keputihan. Teksturnya kental seperti lendir dan tidak berbau busuk. Jumlahnya pun hanya sekitar 2-5 ml per hari dan bisa berubah jika adanya rangsangan seksual. Bila keputihan yang normal menempel dan mengering pada celana dalam akan terlihat seperti bercak kuning. 

(Foto: healthy living)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok