Ciri Benjolan Di Ketiak yang Tidak Berbahaya

September 04, 2022 | Aqiyu

Ciri Benjolan Di Ketiak yang Tidak Berbahaya

Mendapati adanya benjolan di area ketiak memang mengkhawatirkan. Bagaimana tidak biasanya benjolan pada ketiak identik dengan tumor atau kanker. Padahal tidak semua benjolan  di ketiak itu pertanda kanker atau penyakit serius lainnya. Ada beberapa ciri benjolan di ketiak yang tidak berbahaya.

Benjolan di ketiak bisa dialami oleh siapapun, baik pria maupun wanita. Pada umumnya, benjolan ini muncul akibat kelenjar getah bening yang tersumbat. Kelenjar getah bening tersebar di seluruh tubuh manusia termasuk ketiak. Kelenjar getah bening ini membawa sel darah putih yang berfungsi sebagai antibodi untuk melawan serangan bakteri dan virus yang masuk ke tubuh.

Cara kerjanya, tubuh akan mendeteksi bila adanya bakteri dan virus dalam tubuh. Lalu bakteri dan virus tersebut terperangkap di kelenjar getah bening. Inilah yang membuat kelenjar getah bening membengkak sementara waktu dan menyebabkan benjolan pada tubuh. Selain kelenjar getah bening yang membengkak, benjolan di ketiak yang tidak berbahaya disebabkan oleh beberapa hal lainnya seperti cedera, ruam, iritasi akibat bercukur, kista, folikel rambut yang tersumbat hingga ingrown hair.

Sedangkan ciri-ciri benjolan yang tidak berbahaya adalah sebagai berikut:

YesDok Ads

  • Jika diraba teksturnya keras, lunak atau terasa hangat.
  • Terdapat benjolan nanah dalam benjolan.
  • Saat ditekan benjolan bisa bergerak sedikit.
  • Benjolan yang tidak berbahaya juga bisa membesar dan aktif seharian lalu mengecil saat beristirahat.

Namun benjolan yang terdapat pada ketiak terkadang memang sulit untuk dikenali dna dibedakan mana yang tidak menjadi serius dan mana yang berbahaya. Jadi, jika Anda menemukan benjolan pada ketiak dan terganggu, sebaiknya segera pergi ke dokter. Karena pengobatan benjolan di ketiak harus sesuai dengan penyebabnya. 

Bila benjolan timbul akibat infeksi bakteri maka gunakan antibiotik untuk meredakan infeksinya. Sedangkan misalnya jika benjolan akibat alergi sebaiknya perhatikan makanan dan minuman yang dapat memicu alergi. Sebagai langkah pertama Anda dapat mengompres benjolan di ketiak dengan handuk hangat. Benjolan di ketiak yang tidak berbahaya seharusnya dapat sembuh dengan sendirinya sekitar dua minggu. 

(Foto: health center)

YesDok Ads