0 Point
ilustrasi virus corona

CEO Pfizer: Virus Corona yang Kebal Vaksin Mungkin Akan Muncul

CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan bahwa dia yakin "kemungkinan" varian virus corona yang kebal terhadap vaksin pada akhirnya akan muncul.

"Setiap kali varian muncul di dunia, para ilmuwan kami mengatasinya," kata Bourla. "Dan mereka sedang meneliti untuk melihat apakah varian ini dapat lolos dari perlindungan vaksin kami.

"Kami belum mengidentifikasi satu pun, tetapi kami percaya bahwa kemungkinan suatu hari, salah satu dari mereka akan muncul."

Bourla menambahkan bahwa Pfizer dapat memproduksi versi baru vaksinnya untuk memerangi varian dalam waktu tiga bulan setelah penemuannya.

"Kami telah membangun proses bahwa dalam 95 hari sejak hari kami mengidentifikasi varian sebagai varian yang menjadi perhatian, kami akan dapat membuat vaksin yang dibuat khusus untuk varian ini," kata Bourla.

Ahli juga yakin bahwa akan muncul varian virus lain dengan kemampuan kebal terhadap vaksin yang sudah ada.

"Vaksin ini bekerja sangat baik dalam melindungi kita dari penyakit parah dan kematian, tetapi kekhawatiran besar adalah bahwa varian berikutnya yang mungkin muncul - hanya beberapa mutasi, berpotensi, jauh - berpotensi menghindari vaksin kita," ujar Rochelle Walensky, Direktue Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Panel penasihat pemerintah Inggris, Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat, mengatakan tingkat sirkulasi dan penularan virus yang lebih tinggi menciptakan "lebih banyak peluang bagi varian baru untuk muncul."

Tetapi Angela Rasmussen, seorang ahli virologi di Universitas Saskatchewan di Kanada, mengatakan kepada Telegraph bahwa kemungkinan strain yang resistan terhadap vaksin tidak mungkin terjadi.

"Ini akan membutuhkan begitu banyak mutasi pada protein lonjakan sehingga virus ini tidak akan 'bekerja' lagi," kata Rasmussen.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok