Diet
+1

Cegah Prediabetes dan Diabetes tipe 2 dengan Makanan Ini

August 06, 2020 | Kaifia

Alpukat.

Diet sehat dan seimbang sangat krusial bagi penderita prediabetes. Tidak ada makanan, minuman atau jamu yang bisa menurunkan kadar glukosa seseorang melainkan obat-obatan medis dan berolahraga rutin.

Namun, terdapat makanan dan minuman yang memiliki indeks glikemik rendah yang dimana gula darah Anda tidak mengalami peningkatan jika mengonsumsinya. 

Selain diet, berolahraga rutin juga penting untuk memaksimalkan pengobatan. 

Berikut makanan bisa yang membantu Anda mencegah prediabetes dan diabetes tipe 2.

Alpukat

Penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menurunkan risiko sindrom metabolik. Ini adalah sekelompok faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko diabetes.

Ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah seperti penyakit jantung dan stroke.

Alpukat juga memiliki skor indeks glikemik yang rendah. 

YesDok Ads

Bawang putih

Bawang putih berpotensial untuk membantu mengelola gula darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa bawang putih memiliki dampak positif pada glukosa darah.

Bawang putih tidak memiliki skor indeks glikemik karena tidak memiliki karbohidrat dan tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Sari cuka apel

Asam asetat dalam sari cuka apel membantu mengurangi enzim tertentu dalam perut. Satu studi melaporkan bahwa sari cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin setelah makan.

Blueberry dan blackberry

Kedua buah ini tidak dapat meningkatkan gula darah seperti buah lainnya. Buah berii ini kaya serat dan memiliki konsentrasi anthocyanin tertinggi. Anthocyanin membantu memperlambat proses pencernaan. Mereka juga dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan makanan bersumber pati.

(Foto: wellandgood.com)

YesDok Ads