Cegah Penyakit Polio Pada Anak Dengan Cara Ini

November 26, 2022 | Aqiyu

Cegah Penyakit Polio Pada Anak Dengan Cara Ini

Polio merupakan virus yang dapat menyebabkan kelumpuhan namun mudah dicegah. Polio ditularkan melalui air dan makanan yang terkontaminasi atau kontak dengan orang yang terinfeksi. Banyak orang yang terinfeksi virus polio tidak menjadi sakit dan tidak memiliki gejalanya. Namun, orang yang sakit akibat virus polio berisiko mengalami kelumpuhan. Untuk itu, Anda wajib mengetahui cara mencegah penyakit polio pada anak sejak dini.

Mengingat polio tidak bisa disembuhkan total, maka Anda wajib melakukan berbagai upaya pencegahan untuk mengurangi risiko buah hati Anda terserang penyakit polio. Adapun cara mencegah penyakit polio pada anak sebagai berikut:

Membiasakan anak mencuci tangan

Dengan membiasakan anak mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas terutama saat makan dapat mencegah penularan infeksi dan menurunkan angka kematian anak. Hal sederhana wajib Anda ajarkan kepada anak-anak agar kebersihan dirinya selalu terjaga. 

Jangan membiasakan menyentuh wajah

Perlu diketahui pula bahwa virus polio bermula dari mulut dan hidung. Bila anak sering menyentuh wajah apalagi tangan nya tidak dalam kondisi bersih maka risiko penularan virus polio semakin besar. Ajari pula  anak menutup mulut saat batuk dan bersin 

YesDok Ads

Menjaga kebersihan makanan dan minuman

Virus dapat hinggap dimakanan bahkan bisa hidup dalam air dan bahan makanan. Sehingga untuk mencegah penyakit polio ini, pastikan makanan dan minuman yang Anda berikan untuk si kecil benar-benar matang dan membuat virus mati tidak dapat masuk menginfeksi tubuh. 

Lakukan vaksinasi polio

Vaksinasi atau imunisasi polio bermanfaat  untuk mencegah penyakit polio atau lumpuh layu yang bisa membuat kelumpuhan bahkan berpotensi menyebabkan kematian. Polio termasuk ke dalam imunisasi anak yang wajib diberikan sebelum bayi berusia 6 bulan bersamaan dengan vaksin hepatitis B, DPT dan HiB. Bahkan imunisasi polio termasuk dalam daftar imunisasi yang harus diulang.

Untuk bayi baru lahir mendapatkan vaksin polio oral (OPV). Lalu pada imunisasi berikutnya mendapatkan suntikan (IPV) atau OPV kembali. Rekomendasi IDAI, pemberian vaksin polio sebanyak 4 kali sejak bayi baru lahir. Berikut ini rincian usianya: 0-1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan dan 18 bulan (pengulangan).

(Foto: the times)

YesDok Ads