Cegah Penyakit Jantung Dengan Lakukan Medical Check Up

October 02, 2021 | Iman

Nyeri dada

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, ada 15 dari 1.000 orang yang menderita penyakit jantung di Indonesia. Secara umum, penyakit jantung merujuk pada penumpukan plak di arteri koroner yang menyuplai darah ke jantung atau penumpukan plak di arteri perifer (kaki) yang menyuplai darah ke jantung dan otak. 

Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat mengakibatkan stroke atau serangan jantung. Untungnya, kondisi ini dapat dicegah, namun tren saat ini menunjukkan serangan jantung semakin banyak menyerang usia muda. 

Hal ini bukan semata disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi juga karena gaya hidup. Merokok, obesitas, darah tinggi dan diabetes merupakan penyebab tersering terjadinya serangan jantung. 

Ahli mengatakan Jika terjadi serangan jantung kedua pada usia muda, risiko kematian atau stroke mungkin terjadi. 

Pencegahan penyakit jantung yang dapat dilakukan antara lain dengan menjaga pola makan, aktif bergerak, hindari rokok, dan lakukan medical check up jantung secara rutin. 

Medical check up jantung bertujuan sebagai upaya pencegahan, deteksi dan penanganan dini jika terdapat masalah jantung.

Oleh karena itu, pentin untuk pemantauan kesehatan jantung rutin yang meliputi berat badan, tekanan darah, kolestrol, gula darah, riwayat kesehatan dan gaya hidup yang merupakan faktor risiko dalam penyakit jantung. 

Sementara itu untuk medical check up, pemeriksaannya meliputi tekanan darah, penilaian riwayat kesehatan, EKG (Elektrokardiografi) untuk mendeteksi apakah detak jantung seseorang normal atau tidak serta ABI (Ankle Brachial Index). 

Mendeteksi penyakit arteri perifer atau penyumbatan di pembuluh darah kaki dengan cara mengukur perbandingan tekanan darah di lengan dan pergelangan kaki. Setelah itu, aktivitas dilanjutkan dengan penilaian hasil medical check up.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads