Cegah Diabetes dengan Berolahraga

November 21, 2021 | Iman

Olahraga

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat.

Menurut International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2019, Indonesia menempati urutan ke tujuh dari sepuluh negara penderita diabetes terbanyak di dunia, dengan total 10,7 juta orang. 

Jumlah penderita diabetes diprediksi mencapai 13,7 juta orang pada tahun 2030, dan akan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kehidupan yang sibuk membuat banyak orang jarang berolahraga, kurang tidur, dan bergantung pada makanan olahan.

Kurang aktif beraktivitas fisik dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terkena diabetes. Selain obesitas, otot yang jarang digunakan mempengaruhi kemampuannya untuk menyimpan glukosa, menyebabkan tubuh memproduksi insulin berlebih dan terjadi penumpukan lemak.

Penelitian baru dari University of Turku, Finlandia, mengungkapkan bahwa latihan interval intensitas tinggi (HIIT) meningkatkan metabolisme glukosa pada otot dan sensitivitas insulin pada diabetes tipe 2. 

YesDok Ads

Setelah peserta mengikuti latihan HIIT selama dua minggu, penyerapan glukosa pada otot paha mereka kembali ke tingkat normal. Oleh karena itu, latihan HIIT adalah pilihan yang baik untuk mengatasi dan mencegah diabetes jika dibandingkan dengan olahraga biasa yang membutuhkan lebih banyak waktu tetapi intensitasnya lebih rendah.

Spesialis Penyakit Dalam, Dr Umar Nur Rachman Sp.PD, menjelaskan, Olahraga dengan intensitas tinggi bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah diabetes. 

Diabetes disebabkan oleh penumpukan gula dalam darah dan gangguan metabolisme, oleh karena itu olahraga yang melibatkan seluruh tubuh ini dapat membakar kalori lebih cepat dan menurunkan kadar lemak jika dilakukan secara rutin. 

“Tentu saja, konsistensi dalam melakukan olahraga ini penting agar otot dapat diperkuat dalam jangka panjang, tetapi tujuan utamanya adalah menurunkan berat badan berlebih dengan lebih aktif bergerak dan  memilih makanan yang lebih sehat,” ucap dr Umar.

Pilihlah olahraga yang cocok, apa pun itu, dan lakukan secara konsisten. Menerapkan pola makan yang membatasi gula dan karbohidrat olahan, dan berolahraga secara teratur adalah cara terbaik untuk membantu Anda mencegah diabetes. 

YesDok Ads