Cegah Dehidrasi, Jaga Cairan Tubuh dengan Deretan Buah Ini

February 06, 2022 | Aqiyu

makan buah

Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk menjaga asupan cairan pada tubuh tetap terjaga. Meski terlihat sepele, namun nyatanya banyak orang yang sulit melakukannya. Padahal bila kekurangan cairan tubuh akan mengalami dehidrasi yang berdampak pada kondisi tubuh.

Dehidrasi dapat bertambah buruk saat cuaca sedang panas. Tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dan elektrolit. Dimana kadar elektrolit yang tidak seimbang pada tubuh berisiko menyebabkan gangguan seperti fungsi sistem saraf, otak dan otot. Sedangkan tubuh yang mengalami dehidrasi akan mengalami rasa haus, mulut terasa kering dan lengket, warna urine lebih gelap dan pekat, mudah mengantuk, cepat terasa Lelah, frekuensi buang air kecil menurun, sembelit dan sakit kepala.

Pada dehidrasi berat, Anda membutuhkan pertolongan medis secepatnya. Gejala pada dehidrasi berat meliputi sesak napas, mata tampak cekung, mudah marah, denyut jantung cepat tapi lemah, mengalami demam, penurunan kesadaran atau pingsan, kulit tidak elastis dan tekanan darah rendah. Untuk mencegah dehidrasi dan menjaga asupan cairan tubuh, selain dengan  minum air putih Anda juga bisa dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air tinggi.

Terdapat banyak buah yang tinggi air untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Bisa Anda konsumsi langsung, dipotong-potong atau diolah menjadi jus. Berikut deretan buah yang mengandung air tinggi:

Semangka

Semangka mengandung tinggi kadar air hingga 92%. Buah ini rendah kalori dna juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yaitu likopen yang baik untuk daya tahan tubuh.

Stroberi

Buah bercita rasa asam manis ini mengandung kadar air hingga 91%. Stroberi juga tinggi antioksidan, vitamin C, folat serta mangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

YesDok Ads

Tomat

Buah tomat dapat dibuat jus atau sebagai pelengkap makanan. Tomat mengandung kadar air sebanyak 94%, sedangkan pada satu buah tomat berukuran sedang mengandung kadar air hingga setengah gelas atau 118 ml. Sama seperti semangka, tomat juga memiliki kandungan likopen yang tinggi antioksidan.

Jeruk

Selain mengandung tinggi vitamin C, buah jeruk juga mengandung tinggi kadar air sebanyak 88%. Jeruk juga mengandung Flavonoid yang merupakan antioksidan untuk meningkatkan imunitas dan Kesehatan jantung, memberi rasa kenyang dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Air Kelapa

Buah menyegarkan ini mengandung kadar air sebanyak 95%. Buah ini mengandung elektrolit, termasuk potassium, sodium, dan klorida.

(Foto: female daily editorial)

YesDok Ads