0 Point
Sup

Cegah Dehidrasi dengan 3 Makanan Ini

60% dari tubuh kita terisi oleh cairan yang akan terus dikeluarkan oleh tubuh, sehingga kita juga harus secara rutin mengisi ulang kembali agar keseimbangan cairan dalam tubuh dapat terjaga. Saat tubuh kekurangan jumlah cairan, maka akan terjadi kondisi dehidrasi.

Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan cairan yang kemudian dapat memicu masalah kesehatan lainnya. Beberapa masalah yang dapat muncul akibat dehidrasi adalah sembelit, sensasi terbakar di saluran kemih, kulit kusam, otot melemah, dan lain-lain.

Sayangnya, beberapa orang mengaku bahwa dirinya tidak suka minum air putih. Ini tentu akan menyulitkan, karena tubuhnya akan rentan mengalami dehidrasi dan bahkan juga mengalami berbagai masalah kesehatan lainnya.

Akan tetapi kabar baiknya, mengisi ulang cairan dalam tubuh tak hanya bisa dilakukan dengan minum air putih saja. Beberapa makanan juga bisa membantu Anda dalam hal ini. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu Anda terhindar dari dehidrasi:

Sayuran

Beberapa sayuran segar seperti selada, tomat, mentimun, wortel, brokoli, dan seledri, merupakan sayuran yang tinggi kandungan air. Mengonsumsinya, sama saja dengan mengisi ulang jumlah cairan dalam tubuh. Selain itu, sayuran ini juga mengandung sederet nutrisi lain yang memberi banyak manfaat kesehatan pada tubuh.

Buah-buahan

Tak hanya sayuran, beberapa jenis buah-buahan juga kaya akan kandungan air. Buah-buahan seperti semangka, jeruk, lemon, nanas, apel, anggur, stroberi, dan lain-lain, sangat baik untuk menghidrasi tubuh Anda. Mengonsumsi buah-buahan ini setelah berolahraga, akan sangat baik untuk mengisi ulang cairan yang hilang lewat keringat saat berolahraga. Ini juga akan mencegah Anda dari masalah-masalah yang terkait dengan dehidrasi.

Makanan berkuah

Konsumsi makanan berkuah seperti sup, soto, dan berbagai macam olahan sayur dan buah lainnya, juga dapat membantu menghidrasi tubuh Anda. Kuah yang terasa gurih dan segar akan membantu menyeimbangkan kadar air dalam tubuh Anda.

(Foto: marthastewart.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok