Cegah Corona, Amankah Penggunaan Hand Sanitizer Pada Bayi?

March 30, 2020 | Aqiyu

hand sanitizer

Terkait penyebaran serta penularan virus corona yang semakin cepat, banyak orang yang berbondong-bondong membeli hand sanitizer. Dimana warga dihimbau untuk selalu menjaga kebersihan tangan mengingat penularan virus ini bisa melalui benda yang terkontaminasi oleh cipratan air liur penderita corona. Sehingga hand sanitizer ini dianggap sebagai salah satu cara ampuh untuk mencegah penularan covid-19.

Hand sanitizer sendiri merupakan pembersih tangan berbahan alkohol yang hadir dalam bentuk cairan atau gel. Hand sanitizer dirasa praktis bisa dibawa kemana-mana dan kapan saja dapat digunakan untuk membersihkan tangan dari kuman dan virus selagi tidak ada air dan sabun untuk mencuci tangan.

Hand sanitizer ini nampaknya biasanya saja bila digunakan oleh orang dewasa. Tapi amankah hand sanitizer digunakan pada bayi? Meski dibuat dari bahan yang aman, sebaiknya penggunaan hand sanitizer pada bayi dihindari. Hal ini dikarenakan kulit bayi yang masih terbilang sensitif.

Kulit bayi yang masih sensitif ini rentan terkena iritasi. Kandungan alkohol pada hand sanitizer juga bisa menyebabkan kulit tangan bayi menjadi kering. Sehingga menimbulkan risiko pada penyakit kulit lainnya seperti alergi, infeksi dan gatal. Ditambah, kandungan alkohol tersebut bisa meresap ke aliran darah melalui kulit bayi yang masih lembut dan tipis.

Selain itu, hal lain yang harus dipertimbangkan mengenai pemakaian hand sanitizer pada bayi adalah kebiasaan bayi yang sering kali memasukkan tangannya ke dalam mulut. Hal ini menjadi lebih berbahaya jika hand sanitizer yang digunakan pada tangan bayi tertelan. Para orang tua juga diminta pintar dalam memilih hand sanitizer, mengingat langkanya hand sanitizer dipasaran membuat banyaknya merk hand sanitizer yang tidak dikenal bermunculan. Ada pula beberapa pihak nakal yang memanfaatkan momen ini dengan menjual hand sanitizer abal-abal.

American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa pemakaian hand sanitizer pada balita dan anak-anak harus dalam pengawasan orang tua. Meski hand sanitizer tersebut terbuat dari bahan non alkohol atau khusus untuk anak. Untuk menjaga kebersihan bayi, Anda bisa menggunakan air dan sabun khusus bayi. Anda juga bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan tangan si kecil dari kuman dan virus.

(Foto: reader digest)

YesDok Ads