CDC Tegaskan Monkeypox Tidak Menular Melalui Udara

June 13, 2022 | Helmi

ilustrasi monkeypox

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S (CDC) telah mengklarifikasi panduannya tentang pemakaian masker untuk menghindari cacar monyet atau monkeypox, yang terutama menyebar melalui kontak tubuh langsung.

Badan kesehatan tersebut memperbarui peringatan perjalanannya untuk cacar monyet dan menyarankan masyarakat untuk beralih dari mempraktikkan tindakan pencegahan "biasa" menjadi mempraktikkan tindakan pencegahan "yang ditingkatkan", termasuk mencuci tangan secara teratur dan mengenakan masker wajah, untuk menghindari tertular cacar monyet.

Pedoman itu telah dihapus pada karena "menyebabkan kebingungan," kata juru bicara CDC dalam sebuah pernyataan. CDC mengeluarkan pernyataan tentang bagaimana cacar monyet menyebar, meskipun tidak menyebutkan pedoman masker yang diubah.

Cacar monyet, tidak seperti COVID-19 atau campak, mereka tidak berlama-lama di udara dan "tidak menular selama berada di udara,” tulis pernyataan CDC. 

CDC mengatakan belum pernah mendengar ada orang yang terkena cacar monyet saat duduk di pesawat di dekat seseorang yang menderita cacar monyet, bahkan dalam penerbangan internasional yang panjang.

YesDok Ads

Namun, monkeypox dapat menyebar melalui "air liur atau sekresi pernapasan" selama kontak tatap muka, meskipun penelitian sebelumnya menunjukkan hal ini jarang terjadi, kata CDC.

Orang yang sudah menderita cacar monyet disarankan untuk terus memakai masker di sekitar orang lain di rumah mereka jika kemungkinan terjadi kontak dekat, kata CDC. 

Petugas kesehatan dan orang-orang yang mungkin memiliki kontak dekat dengan penderita cacar monyet juga disarankan untuk memakai masker.

Cacar monyet sebagian besar menyebar ketika orang melakukan kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka seseorang dengan cacar monyet, atau dari menyentuh pakaian atau linen yang telah menyentuh cairan itu, kata CDC.

YesDok Ads