Cara Tumbuh Kembang yang Sehat dan Aktif untuk Anak

August 14, 2022 | Iman

Cara Tumbuh Kembang yang Sehat dan Aktif untuk Anak

Sebagai orangtua Anda perlu memastikan anak-anak bertumbuh kembang secara sehat. Asupan makanan sehat dan kebiasaan berolahraga juga harus dibiasakan sejak dini.  

Faktanya dunia di mana kita hidup sekarang sudah banyak mengalami perubahan yang kurang menguntungkan. Polusi, perubahan iklim, dan gaya hidup tak sehat, kerap menjadi penyebab berbagai gangguan kesehatan. 

Anak-anak juga tak luput dari ancaman berbagai penyakit. Anda sebagai orangtua tentu perlu melindungi anak-anak dari berbagai gangguan kesehatan tersebut.

Berikut, beberapa caranya:

1. Diet Tepat dan Seimbang 

Obesitas pada anak bisa memicu berbagai penyakit seperti diabetes dan kanker. Diet tepat dan seimbang bisa dilakukan dengan menghindari makanan yang mengandung lemak lebih dari 10%. Biasakan membawa botol minuman ke mana pun agar tidak dehirrasi. Hindari makanan yang diawetkan atau makanan dan minuman yang manis. Banyak makan sayuran dan buah, serta tak lupa menjaga kualitas istirahat si kecil.

YesDok Ads

2. Olahraga Secara Teratur 

Berolahraga artinya melakukan kegiatan fisik yang melibatkan gerakan-gerakan otot. Anda bisa mengajak si kecil berolah fisik sambil bermain, atau bahkan membantu Anda merapikan tempat tidur, menyapu rumah (jangan lupa pakaikan masker), menyiram tanaman, merapikan meja belajar, dan hal-hal lain yang mampu mereka kerjakan sebagai anak. Biasakan melakukan kegiatan fisik misalnya berjalan kaki atau bersepeda setidaknya 30 menit sehari. Boleh juga diajak melakukan yoga.

3. Menjaga Kebersihan 

Ajari anak untuk mencuci tangan sebelum makan atau sehabis melakukan kegiatan di tempat yang kotor. Bila anak-anak masih balita, Anda bisa menyediakan tisu basah atau cairan antiseptik, manakala tidak tersedia air untuk mencuci. Pastikan Anda mencuci tangannya begitu tersedia sarana mencuci tangan.

(Foto: todays parent)

YesDok Ads