Cara Tingkatkan Kesuburan Alami

November 17, 2019 | Iman

Memutuskan untuk memiliki bayi adalah perubahan besar dalam hidup Anda dan tentu saja, Anda ingin menjadikan semuanya sempurna. Meskipun demikian, selalu ada beberapa faktor yang di luar kendali Anda, yang dapat membuat perjalanan sedikit sulit.

 
Namun, ada beberapa cara aman untuk meningkatkan kesuburan Anda secara alami, tanpa mengonsumsi suplemen dan perawatan tambahan. Dilansir Times of India berikut tips jika Anda ingin mencoba program hamil.


1. Pahami Masa Subur

Bahkan sebelum Anda mencoba untuk hamil, calon orang tua harus selalu tahu tentang dasar-dasar siklus menstruasi, salah satunya termasuk siklus ovulasi. Semua wanita, yang memiliki siklus menstruasi teratur memiliki lima hingga tujuh hari di mana kemungkinan besar bagi mereka untuk hamil karena itu merupakan hari tersuburnya. Penting merencanakan kapan harus berhubungan seks, frekuensi dan mengetahui tanggal tepat dapat membantu Anda hamil lebih cepat.
 

2. Rutin Berolahraga

Manfaat berolahraga tidak hanya sebatas tetap menjadikan tubuh fit. Tetap aktif secara fisik juga baik untuk siklus reproduksi. Jelas ketika mempertahankan berat badan ideal, mengelola stres lebih baik, tekanan darah normal, makan juga meningkatkan siklus kesuburan secara alami. Cobalah untuk rutin berolahraga 150 menit setiap minggunya.


3. Perhatikan Pola Makan

YesDok Ads

Diet dan gaya hidup memainkan peran penting dalam menjaga tingkat kesuburan Anda tetap terjaga dan baik. Apakah itu hanya makan makanan yang penuh dengan antioksidan, ovulasi meningkatkan makanan, mengurangi kafein, alkohol, dan juga tembakau. Semua kebiasaan positif ini dapat meingkatkan kemungkinan untuk menjalani program kehamilan. Pola makan yang sehat harus mencakup sumber lemak yang baik, mineral yang diperkaya dalam membantu tubuh mengatasi perubahan, mengurangi kemungkinan infertilitas dan membersihkan tubuh dari racun secara alami. Tentu ini harus menjadi salah satu prioritas bersama sebelum mencoba untuk memiliki bayi.

 
4. Cek Kondisi Kesehatan

Sebelum Anda memutuskan untuk menyambut sang buah hati mungkil ke dunia, idealnya Anda juga ingin memastikan bahwa Anda mampu memberinya kehidupan yang bebas dari segala risiko, termasuk pemeriksaan kesehatan. Jika usia perkawinan belum genap setahun, tidak perlu khawatir karena masih dapat diupayakan hamil dengan cara alami. Jika setiap pasangan memiliki masalah medis yang mendasarinya, pastikan beranikan diri memeriksanya dan masalah kesehatan kronis lainnya.


5. Kelola Stres

Jika Anda berpikir kehidupan yang penuh tekanan menghalangi kesuburan Anda, inilah saatnya Anda mengambil langkah sadar dan memiliki rutinitas perawatan diri yang ideal. Ketika Anda stres melanda, itu akan berpengaruh pada hormon reproduksi yang pada akhirnya memengaruhi kesuburan.

 
Jika pasangan benar-benar ingin melakukan program hamil, luangkan waktu sejenak untuk melepas lelah, pergi berlibur untuk relaksasi, melakukan yoga, atau melakukan apa pun yang memberi Anda kenyamanan dan kedamaian.

(Foto: avawomen)

YesDok Ads