Cara Terbaik Meningkatkan Ingatan

July 23, 2021 | Claudia

Meditasi

Kebanyakan orang, kerap bermasalah dengan ingatan, seperti lupa nama seseorang atau lupa di mana ia meletakkan barang-barang berharganya.

Kesibukan bisa mendistraksi ingatan seseorang. Akan tetapi, ingatan yang buruk secara konsisten, bisa menjadi masalah yang perlu diperhatikan oleh seseorang. Banyak faktor yang berperan dalam hilangnya ingatan seseorang, termasuk faktor genetik, usia, dan kondisi medis yang memengaruhi otak. Ada juga beberapa faktor risiko yang dapat dicegah dengan melakukan berbagai perubahan pada gaya hidup.

Meskipun tidak semua kasus kehilangan ingatan atau memori dapat dicegah, namun seseorang bisa melakukan sesuatu untuk melindungi otaknya dari penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang:

Lakukan pelatihan otak

Dengan cara yang mirip dengan otot, otak juga perlu digunakan secara teratur untuk tetap sehat. Menantang pikiran dapat membantunya tumbuh dan berkembang, yang kemudian bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS Satu menemukan bahwa orang yang hanya melakukan 15 menit aktivitas pelatihan otak setidaknya 5 hari dalam seminggu, bisa mengalami peningkatan fungsi otak.

Latihan fisik

Latihan fisik memiliki dampak langsung pada kesehatan otak. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Rehabilitasi Latihan mencatat, olahraga teratur mengurangi risiko penurunan kognitif seiring bertambahnya usia dan melindungi otak dari degenerasi.

YesDok Ads

Hasil dari studi di tahun 2017 menyarankan bahwa latihan aerobik dapat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi memori pada orang dengan penyakit Alzheimer dini. Latihan aerobik bermanfaat dalam meningkatkan detak jantung seseorang, dan dapat dilakukan dengan cara:

  • Jalan cepat
  • Berlari
  • Berenang
  • Menari
  • Ski

Meditasi

Meditasi mindfulness dapat membantu meningkatkan daya ingat. Pera penulis makalah penelitian tahun 2018 memperhatikan, bahwa banyak penelitian yang menunjukkan meditasi dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi tanda-tanda degenerasi otak, dan meningkatkan memori kerja dan memori jangka panjang.

Para peneliti mengamati otak orang-orang yang secara teratur berlatih meditasi dan orang-orang yang tidak pernah melakukan meditasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan bermeditasi dapat menyebabkan perubahan jangka panjang pada otak, termasuk meningkatkan plastisitas otak, yang membantu menjaganya tetap sehat.

Tidur yang cukup

Tidur sangat penting untuk kesehatan otak secara menyeluruh. Merusak siklus tidur alami tubuh dapat menyebabkan gangguan kognitif, karena ini mengganggu proses yang digunakan otak untuk menciptakan ingatan.

Istirahat yang cukup dengan tidur 7-9 jam dalam sehari dapat membantu otak menciptakan dan menyimpan ingatan jangka panjang.

(Foto: womansday.com)

YesDok Ads