Cara Terbaik Mengontrol Kadar Gula Darah

April 27, 2021 | Claudia

Gula darah

Kapan terakhir kali Anda memeriksa kadar gula darah Anda? Apakah Anda mengalami lonjakan kadar gula darah? Kadar gula darah tinggi sering kali disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi gula, kurang olahraga, malas bergerak, stres, dan kondisi penyakit.

Untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi, insulin perlu dikonsumsi. Anda harus mengonsumsi dosis insulin yang tepat untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar gula darah adalah dengan melakukan latihan fisik. Selama berolahraga, konsentrasi insulin dalam darah turun, sehingga bisa membantu mempertahankan kadar gula darah yang stabil.

Berolahraga penting dalam menurunkan kadar glukosa, bahkan meski Anda memiliki kondisi diabetes mellitus. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga mungkin juga penting dalam pengobatan masalah seperti retinopati, neuropati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

Namun bagi Anda yang memiliki kondisi diabetes mellitus, berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga sangat penting untuk dilakukan. Anda harus menyesuaikan jenis olahraga yang tepat dengan kondisi tubuh Anda. Jangan sampai, olahraga yang seharusnya bermanfaat justru berbalik merugikan tubuh Anda.

Selain olahraga, mengontrol pola makan juga penting untuk menurunkan kadar gula darah. Konsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Anda harus memastikan Anda mengonsumsi paling tidak 25-30 gram serat setiap hari. Ini bisa didapatkan dari sayuran, buah, dan lain-lain.

Istirahat yang cukup juga sangat penting dalam mengontrol kadar gula darah. Kapanpun Anda tidak bisa tidur nyenyak, tubuh menjadi tidak efisien dalam menggunakan insulin. Pastikan Anda mendapat tidur yang cukup selama tujuh hingga sembilan jam setiap hari.

(Foto: everydayhealth.com)

YesDok Ads