0 Point
dot bayi

Cara Tepat Sterilisasi Botol Bayi

Menjaga kesehatan si kecil bukan hanya seputar makanan dan susu, tetapi juga terkait kebersihan perlengkapan bayi. Salah satunya adalah botol susu yang harus selalu terjaga kebersihannya agar terhindar dari kuman dan bakteri.

Meski telah mencuci bersih botol, itu tidaklah cukup. Botol yang tidak steril bisa menyebabkan kuman berkembang dan mengontaminasi susu bayi. Akibatnya, si kecil bisa terkena infeksi perut. Apalagi sistem kekebalan tubuh si kecil masih lemah tidak sebaik orang dewasa.

Sterilisasi botol susu sebenarnya tidak wajib dilakukan setiap kali si kecil ingin menyusu. Sterilisasi dibutuhkan saat Anda baru membeli botol susu baru atau saat Anda menggunakan botol susu milik bayi lain. Serta Anda perlu mensterilisasi botol susu saat si kecil sakit.

Sebelum mensterilkan botol susu, cucilah botol susu terlebih dahulu sampai bersih. Pastikan cuci tangan pula sebelum mencuci botol susu. Lepaskan bagian dot dengan tutupnya, cuci botol yang terkena sabun dengan air mengalir atau air hangat. Perhatikan apakah botol masih terdapat sisa susu atau tidak. Jjangan lupa juga untuk membersihkan sisi luar botol susu secara keseluruhan.

Setelah proses mencucui selesai, Anda bisa melanjutkannya ke tahap mensterilisasi. Ada 3 cara terbaik untuk menstrilkan botol sebagai berikut:

Merebus botol bayi dengan air mendidih

Caranya, cukup rebus botol susu dengan air mendidih yang bersuhu minimal 80 derajat celcius. Rebuslah botol selama kurang lebih lima menit. Angkatlah botol susu dengan penjepit dan letakkan botol susu ditempat bersih dan diamkan sampai kering.

Sterilisasi dengan microwave

Jika Anda memiliki microwave di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk mensterilisasi botol susu si kecil. Caranya, masukkan botol, dot dan tutup botol yang sudah dicuci bersih ke dalam microwave. Nyalakan microwave pada suhu tinggi dan waktu sterilisasi cukup 1-2 menit.

Sterilisasi dengan steamer

Cara paling praktis dan cepat untuk sterilisasi botol susu adalah menggunakan steamer atau mesin uap khusus untuk sterilisasi botol. Steamer akan mengeluarkan uap panas bersuhu tinggi yang dapat menghilangkan kuman. Sterilisasi botol susu dengan mesin uap ini hanya membutuhkan waktu sekiatr 8-12 menit.

(Foto: happy family organics)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok