Cara Stimulasi Perkembangan Janin agar Optimal

March 12, 2021 | Iman

Ibu hamil

Memantau perkembangan janin adalah kewajiban bagi ibu hamil demi kelancaran proses hingga persalinan.

Selain memeriksakan kehamilan, calon ibu bisa melakukan stimulasi untuk mendorong perkembangan janin. 

Pembentukan neuron bayi bermula dari tahap embrio, neuron adalah sel unit dasar otak dan sistem saraf yang sangat berperan dalam hal kecerdasan. Ketika banyak neuron saling terhubung, anak akan memiliki beragam pengetahuan baru, stimulasi janin akan membantu perkembangan neuron dan pada akhirnya meningkatkan kecerdasannya.

Berikut adalah beragam beragam cara stimulasi janin.

Memperdengarkan Janin dengan Musik

Musik dapat menstimulasi banyak area perkembangan janin. Makin dini memperdengarkan musik, makin bagus untuk memastikan janin tumbuh dan berkembang secara sehat. Tidak ada jenis musik khusus sebagai alat stimulasi, tapi musik klasik bisa menjadi pilihan karena dapat memunculkan suasana tenang.

Membaca Buku

YesDok Ads

Sebuah penelitian pada 2013 di University of Oregon, Amerika Serikat, menemukan bahwa janin yang diperdengarkan kata-kata saat dalam kandungan bisa mengenali kata tersebut ketika lahir. Dalam penelitian, sejumlah ibu hamil diberi rekaman kata-kata yang diperdengarkan menjelang akhir masa kehamilan. Hasilnya, bayi yang lahir kemudian kenal dengan kata-kata tersebut dan variasinya.

Menyentuh dan Memijat

Ibu juga bisa melakukan stimulasi rabaan terhadap janin. Janin sudah bisa merasakan gerakan di luar rahim pada usia kehamilan 26 minggu, ibu bersama pasangan bisa memberikan stimulasi dengan menyentuh dan memijat, juga membelai, menepuk, atau mengusap perut.

Berolahraga

Ibu yang rajin berolahraga selama kehamilan tidak hanya bisa meningkatkan kesehatannya, tapi juga dapat menstimulasi perkembangan janin. Sebuah studi dari University of Montreal, Kanada, menemukan bahwa wanita hamil yang berolahraga setidaknya selama 20 menit sehari, tiga kali seminggu, memiliki bayi yang lahir dengan tingkat aktivitas otak lebih tinggi.

Mengajak Berbicara

Stimulasi perkembangan janin ini juga bisa dilakukan bersama oleh ibu dan pasangannya. Konsepnya mirip dengan membacakan buku untuk bayi dalam kandungan. Bayi akan menerima rangsangan itu dan memberikan respons. Selain meningkatkan perkembangan janin, mengajak bicara bayi dalam kandungan bisa menguatkan jalinan batin.

YesDok Ads