Cara Pijat Laktasi yang Benar untuk Memperlancar ASI

November 23, 2022 | Iman

Cara Pijat Laktasi yang Benar

Gerakan pijat laktasi dapat memicu produksi hormon oksitosin, yaitu hormon yang berperan penting dalam proses pengeluaran ASI. Anda bisa mulai dengan memijat secara lembut bagian payudara, kemudian dilanjutkan ke tengkuk, punggung, bahu, lalu pinggang.

Pijatan tersebut akan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks, sirkulasi darah lebih lancar, dan tentunya pikiran menjadi tenang. Pikiran yang tenang akan membuat produksi dan kerja hormon oksitosin semakin lancar.

Cukup mudah untuk mempraktikkan cara pijat laktasi mandiri di rumah. Pertama-tama, pastikan Anda dalam keadaan rileks dan tidak tergesa-gesa. Cucilah tangan dengan bersih, lalu kompres payudara dengan kain yang sebelumnya sudah direndam air panas. Kemudian, bersihkan seluruh area payudara.

Cara pijat laktasi untuk memperlancar ASI dapat dilakukan dengan beberapa gerakan, berikut masing-masing penjelasannya.

Gerakan Memutar

Setelah Anda sudah dalam posisi nyaman dan rileks, tuangkan baby oil pada telapak tangan, lalu cobalah untuk mengangkat satu sisi payudara dengan tangan kiri lalu tahan bagian atasnya menggunakan tangan kanan. Lakukan pijatan memutar setidaknya 20 kali dengan arah berlawanan. Sebaiknya Anda memposisikan diri di depan cermin, sehingga dapat mengamati teknik memijat yang benar.

Gerakan Naik-Turun

YesDok Ads

Gerakan pijat laktasi selanjutnya adalah naik-turun. Ambil baby oil dan tuangkan pada telapak tangan. Kemudian letakkan telapak tangan di samping payudara lalu rasakan apakah terdapat bagian keras atau sumbatan pada payudara. Selanjutnya, gerakkan masing-masing tangan naik dan turun secara bergantian.

Memijat Area Puting

Pada kasus ASI yang terhambat biasanya akan ditemukan sumbatan di area puting. Apabila Anda mengalami hal ini, maka lakukan cara pijat laktasi dengan memijat area sekitar puting. Pertama-tama, angkat salah satu sisi payudara dengan tangan kiri, lalu posisikan 4 jari tangan kanan pada area puting dan lakukan gerakan melingkar.

Teruskan gerakan melingkar hingga Anda menemukan area yang seakan terasa melunak akibat adanya sumbatan. Lakukan pijatan ini secara berulang di bagian puting sebanyak 20 kali sampai sumbatan menghilang dan ASI menjadi lebih lancar.

Memijat Area Ketiak

Cara pijat laktasi yang terakhir adalah dengan memijat area sekitar ketiak. Caranya adalah dengan memijat bagian bawah ketiak secara lembut, berlanjut ke belahan dada sampai menuju puting. Sembari memijat, pastikan bahwa tidak ada lagi bagian yang terasa keras.

Kini Anda sudah paham bukan bagaimana cara pijat laktasi yang benar untuk memperlancar sekaligus meningkatkan produksi ASI? Maka cobalah untuk melakukan pijatan ini secara rutin, terutama bila Anda sering merasa ada sumbatan di payudara sehingga menghambat keluarnya ASI.

YesDok Ads