0 Point
Covid-19 gelombang ketiga

Cara Pemerintah Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Virus corona masih ada dan vaksinasi terus dilakukan untuk mencegah penyebaran yang semakin luas. Saat ini PPKM di beberapa daerah telah diturunkan levelnya, namun diperkirakan gelombang ketiga Covid-19 berpotensi terjadi pada akhir tahun 2021 saat libur Natal dan Tahun Baru.

Hal ini merujuk pada kasus tahun lalu, dimana saat libur panjang akhir tahun justru menyebabkan peningkatan mobilitas yang bisa berdampak pada meningkatnya penularan Covid-19. Untuk mengantisipasinya pemerintah telah menyiapkan 6 strategi utama sebagai berikut seperti dilansir Satgas Covid-19:

  1. Memastikan pelonggaran aktivitas diikuti pengendalian lapangan yang ketat. Penurunan level PPKM tidak disikapi dengan euphoria.
  2. Tingkatkan laju vaksinasi untuk kelompok lanjut usia. Terutama di wilayah aglomerasi dan pusat pertumbuhan ekonomi.
  3. Dorong percepatan vaksinasi anak. agar imunitas anak sudah terbentuk ketika musim libur Natal dan Tahun Baru.
  4.  Tertibkan mobilitas pelaku perjalanan internasional. Dengan aturan protokol kesehatan yang ketat terutama ke Bali.
  5. Perkuat peran pemerintah daerah dalam mengawasi kegiatan dan mengedukasi warga. Terutama tentang rincian protokol kesehatan yang harus dijalankan.
  6. Kampanye protokol kesehatan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat.

Saat ini positivity rate di Indonesia berada di angka 1,6 persen. Situasi Covid-19 di sebuah negara dapat dikatakan tidak terkendali jika positivity rate diatas 5-10 persen. Dengan kata lain, pandemic Covid-19 di Indonesia saat ini cukup terkendali. Rencananya vaksin booster akan diberikan pada masyarakat umum paling cepat Maret 2022. Pemerintah sedang berfokus pada perluasan cakupan vaksinasi untuk meminimalisir munculnya varian baru.

Sementara data vaksinasi per 23 Oktober 2021, untuk vaksinasi dosis ke-1 bertambah sebanyak 775.887 menjadi 112.271.928 orang. Sebanyak 849.065 orang melakukan vaksinasi kedua sehingga menjadi 67.165.732 orang dan penambahan sebanyak 6.729 orang sehingga total vaksinasi ketiga menjadi 1.099.600 dari total target vaksinasi nasional sebanyak 208.265.720.

(Foto: kieska llc)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok