Cara Mudah Membangunkan Orang Tidur Tanpa Bikin Jengkel

June 11, 2022 | Aqiyu

Cara Mudah Membangun Orang Tidur Tanpa Bikin Jengkel

Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda. Ada orang yang memiliki pola tidur yang teratur sehingga mudah untuk bangun pagi hari. Namun, ada pula yang memiliki kebiasaan begadang sehingga lebih susah untuk dibangunkan. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membangunkan orang yang susah bangun tidur tanpa berteriak dan membuat jengkel orangnya.

Membangunkan orang yang susah dibangunkan memang gampang-gampang susah. Kadang Anda terpaksa membangun dengan cara yang asal untuk memburu waktu agar tidak bangun kesiangan. Tapi mungkin saja orang yang Anda bangunkan menjadi kesal dan merasa terganggu. Jika biasanya seperti, mungking Anda sudah harus beralih menggunakan cara efektif berikut ini untuk membangunkan orang:

Mengubah suhu ruangan

Suhu ruangan diketahui sangat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Idealnya, suhu ruangan berkisar 19-21 derajat celcius untuk tidur seseorang. Jika Anda ingin membangunkan seseorang, Anda tidak perlu repot-repot membawa segelas air untuk mencipratinya, cukup dengan mengubah suhu ruangan dengan menurunkan, menaikkan atau mematikan AC atau kipas angin. Karena saat ruangan terlalu panas atau dingin maka akan membuat seseorang sulit tidur.

Menjauhkan alarm dari tempat tidur

Suara alarm bisa membangun orang dari tidurnya. Namun meletakkan alarm dekat dari tempat tidur dapat memudahkan seseorang untuk mematikan alarm tersebut dan bisa jadi melanjutkan tidurnya. Untuk itu, agar alarm berfungsi efektif sebaiknya menaruh alarm di luar jangkauan atau menjauhkannya dari tempat tidur.

Membiarkan cahaya matahari masuk

Cahaya matahari memang bisa bikin silau mata. Tapi sebenarnya bukan begitu cara cahaya matahari bekerja untuk membangunkan orang. Sebuah penelitian pada jurnal Somnologie tahun 2019 menyebutkan bahwa cahaya matahari pagi bisa membantu menekan kadar hormon melatonin atau hormone yang membantu Anda tidur. Serta dapat meningkatkan hormon serotonin yang akan membuat orang terjaga. Biarkan cahaya matahari masuk ke ruangan kamar atau gunakan tirai yang tembus pandang agar cahaya mudah masuk. 

Memutar musik

Biasanya orang akan lebih pulas dan nyenyak jika dalam kondisi yang sunyi dan tenang. dengan menyalakan musik, bisa saja mengganggu kenyenyakan tidur seseorang. Namun jangan khawatir, sebuah penelitian tahun 2020 mengungkapkan bahwa seseorang lebih menyukai dibangunkan tidurnya dengan musik. Bahkan dengan cara ini juga bisa membantu mengurangi sensasi kurang nyaman pada saat bangun tidur untuk penderita sleep apnea.

Menggunakan aromaterapi

Keuntungan menggunakan aromaterapi pada ruangan kamar adalah dapat membuat seseorang tidur nyenyak dan juga dapat membangunkan seseorang dari tidurnya. Mengutip dari Sleep Foundation bahwa menghirup aroma kopi dapat meningkatkan kewaspadaan seseorang. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan cara ini apalagi bagi orang yang pecinta kopi.

(Foto: azumio)

YesDok Ads