Cara Mudah Halau Stres di Lingkungan Kerja

April 30, 2019 | Helmi

Tempat kerja memang menjadi salah satu pemicu terjadinya stres. Tuntutan kerja, deadline, hingga masalah dengan rekan kerja atau klien, bisa menjadi penyebab terjadinya stres.

Stres dapat menyebabkan segala macam masalah fisik, mulai dari sistem kekebalan tubuh yang menurun, masalah tidur, libido, dan nafsu makan. Secara emosional, stres dapat menyebabkan kita terisolasi dari kehidupan sekitar, mengurangi kepercayaan diri, hingga ketidak pedulian pada diri sendiri.

Jika tidak ditangani dengan baik, stres yang berkepanjangan dapat membuat penderitanya menjadi depresi. Depresi ini lah yang akan menambah masalah bagi fisik dan mental, atau bahkan kadang memunculkan keinginan untuk melakukan bunuh diri.

Berikut ini kami akan membagikan kiat terbaik untuk membantu Anda mengelola stres di tempat kerja yang tidak dapat dihindarkan:

Berhenti untuk mengendalikan semuanya

Belajar lah untuk fokus pada apa yang menjadi kewajiban Anda di tempat kerja. Tidak perlu untuk selalu bersikeras memastikan pekerjaan orang lain dilakukan sesuai dengan keinginan Anda. Lakukan yang terbaik pada tugas Anda dan biarkan seperti apa nanti hasilnya.

Hindari Gosip

YesDok Ads

Gosip tak lepas dari menjelekkan orang lain dan efeknya akan membuat Anda tidak nyaman. Sebaliknya, cari hal positif tentang seseorang dan mulailah mengatakan hal-hal baik tentang orang tersebut. Efek positif ini akan sangat bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres Anda.

Belajar Mengatakan Tidak

Kadang banyak pekerjaan yang datang bukan merupakan kewajiban kita. Untuk itu perlu keberanian untuk mengatakan “tidak”. Dengan berani mengatakan “tidak”, Anda tidak akan merasa stres dan terbebani dengan apa yang sedang Anda kerjakan.

Buat Batas yang Jelas

Maksud dari membuat batas yang jelas adalah membuat batasan atas apa yang Anda lakukan di kantor dan rumah. Jangan bawa pekerjaan ke rumah yang seharusnya Anda kerjakan di kantor. Begitu juga sebaliknya. Nikmati waktu bersantai Anda di rumah dengan tidak berhubungan dengan urusan apapun terkait pekerjaan.

(Foto: NetDoctor.co.uk)

YesDok Ads