0 Point
sembelit

Cara Mudah Atasi Sembelit Saat Puasa

Selama menjalankan puasa mungkin Anda menghadapi tantangan tersendiri dalam hal Kesehatan. Seperti mengalami gangguan Kesehatan dalam pencernaan. Salah satu masalah kesehatan pada pencernaan adalah sembelit atau susah buang air besar (BAB) karena pola makan yang tidak teratur.

Jangan sampai sembelit mengganggu kelancaran Anda saat berpuasa. Bila tidak ingin mengatasi masalah sembelit dengan obat, Anda bisa mengatasi sembelit dengan cara alami. Berikut cara mudah mengatasi sembelit saat puasa:

Mengonsumsi makanan berserat

Selama berpuasa usahakan agar Anda dapat memenuhi kebutuhan serat pada makanan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian untuk menyehatkan pencernaan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi karbohidrat yang mengandung serat seperti beras merah.

Memenuhi kebutuhan cairan

Banyak minum air putih pada malam hari adalah solusi untuk mengatasi masalah susah BAB. Saat tubuh terhidrasi pada malam hari, maka saluran pencernaan akan semakin lancar. Minumlah air putih paling tidak dua liter per hari. Hindari mengonsumsi soda saat buka puasa maupun sahur karena dapat meningkatkan risiko sembelit.

Mengonsumsi kafein

Mengonsumsi kafein dapat merangsang rasa ingin BAB. Meski mengonsumsi kafein dapat mendorong sakit perut, Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak.

Membatasi makanan yang tinggi lemak

Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi seperti daging merah bisa dapat menyebabkan sembelit. Hal ini karena lemak yang sulit dicerna. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi dan serat protein yang keras bisa membuat feses mengeras dan memicu sembelit.

Jangan menunda BAB

Sering menunda BAB juga dapat menyebabkan sembelit. Menahan BAB terlalalu lama bisa membuat fese mengeras. Untuk BAB yang lancar Anda bisa mengatur jadwal BAB agar tubuh terbiasa dalam membuang sisa makanan.

(Foto: mark wong surgery)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok