Cara Minum Kopi yang Sehat Untuk Tubuh

March 13, 2022 | Aqiyu

minum kopi

Menyeruput kopi nampaknya kini jadi kebiasaan sebagian besar orang, terutama para pekerja kantor. Kopi dipilih sebagai minuman  yang dirasa dapat membuat pagi hari segar dan tidak mengantuk. Sebenarnya minum kopi bisa menyehatkan dan tidak selalu memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Asalkan Anda mengetahui bagaimana cara mengonsumsi kopi yang tepat. Berikut cara minum kopi yang sehat sebagai berikut:

Tanpa Gula

Saat meminum jenis minuman apapun, tidak hanya kopi, menggunakan gula yang berlebihan dapat memicu penyakit serius seperti diabetes dan jantung. Untuk menghindari penyakit tersebut dan tetap sehat saat mengonsumsi kopi sebaiknya Anda menggunakan pemanis alami seperti kayu manis, jahe dan rempah lainnya.

Tanpa Ampas

Perlu diketahui ampas pada kopi bubuk mengandung cafestol. Dimana kandungan ini selalu dikaitkan dengan pemicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Jadi, ada baiknya kopi disajikan tanpa ampasnya agar tetap dapat menjaga kesehatan tubuh.

Pakai Kertas Filter

Selain tidak menyajikan kopi dengan ampasnya, cara lain menikmati kopi agar tetap memberikan efek sehat pada tubuh adalah dengan menggunakan kertas filter. Pakai kertas filter ini dipercaya sangat efektif dalam menurunkan kadar cafestol tetapi tetap menyisakan kafein serta antioksidan.

Jumlah Konsumsi

Jumlah kopi yang Anda konsumsi setiap harinya sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Untuk itu, Anda harus mengetahui berapa jumlah yang disarankan dan aman dalam mengonsumsi kopi. Pada umumnya, Anda hanya disarankan mengonsumsi kopi sekitar 2-5 cangkir dalam sehari. Dengan jumlah konsumsi ini, Anda dapat melindungi diri dari penyakit jantung hingga kanker. Sedangkan batas toleransi dalam mengonsumsi kafein adalah 4-5 cangkir kapasitas 8 ons kopi biasa. 

Waktu Minum Kopi

Perhatikan pula waktu dalam mengonsumsi kopi untuk menghindari bahaya pada tubuh. Waktu yang tepat untuk minum kopi disarankan saat pertengahan atau akhir pagi. Hindari untuk meminum kopi setelah jam 2 siang karena dapat mengganggu tidur Anda di malam hari.

(Foto: Earth)

YesDok Ads