0 Point
Cara Meredakan Keluhan Akibat Tumbuh Gigi Pada Anak

Cara Meredakan Keluhan Akibat Tumbuh Gigi Pada Anak

Salah satu milestone anak adalah fase tumbuh gigi. Biasanya fase tumbuh gigi ini menjadi momen yang mendebarkan. Bagaimana tidak, di satu sisi pasti orang tau senang jika anaknya mulai tumbuh gigi. Namun disatu sisi orang tua merasa khawatir pada keluhan-keluhan yang dialami si kecil ketika tumbuh gigi. Biasanya saat tumbuh gigi, si kecil akan merasa tidak nyaman, mogok makan dan lebih rewel. Untuk itu, wajib banget buat para orang tua untuk mengetahui cara meredakan keluhan yang dirasakan anak saat tumbuh gigi.

Si kecil terlahir dengan formasi lengkap 20 gigi. Namun, fase tumbuh gigi pada setiap anak berbeda-beda. Ada bayi yang giginya tumbuh saat berusia empat bulan, namun ada pula yang tumbuh setelah MPASI. Pertumbuhan gigi pada anak biasanya akan dimulai dengan munculnya dua gigi seri di depan baik pada gusi bawah atau atas. Berikut ini tahapan pertumbuhan gigi pada bayi yang wajib diketahui:

  • Usia 0-6 bulan: gigi seri tengah atas dan bawah
  • Usia 10-16 bulan: gigi samping atas dan bawah
  • Usia 16-12 bulan: gigi taring atas dan bawah
  • Usia 13-19 bulan: gigi geraham kecil di samping gigi taring
  • Usia 23-31 bulan: gigi geraham belakang atas dan bawah

Perlu diketahui memasuki usia enam bulan antibodi si kecil yang diturunkan dari sang ibu akan menurun. Hal ini tentu mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anak. Sehingga ketika anak memasukkan sesuatu ke mulut cenderung akan membuat anak rentan terkena penyakit. Begitu pula saat si kecil sedang dalam proses tumbuh gigi, si kecil akan merasa tidak nyaman terhadap rasa nyeri tumbuh gigi.

Pertumbuhan gigi pada anak membutuhkan waktu sekitar 8 hari. Waktu ini termasuk pada empat hari sebelum tumbuh gigi dan tiga hari setelah gigi tumbuh melewati gusi. Selama waktu ini mungkin orang tua akan sulit merawat dan menjaga si kecil tetap nyaman. Berikut cara meredakan keluhan yang timbul akibat tumbuh gigi. Caranya dengan memberikan si kecil camilan sehat yang dingin dan mudah dikunyah.

Selain itu, pijat lembut gusi si kecil menggunakan jari bersih atau kain basah, memberikan si kecil mainan yang aman untuk digigit oleh bayi. Pastikan mainan atau teether tersebut sudah dibersihkan. Agar si kecil tetap tenang dan tidak rewel, perdengarkan bayi white noise supaya gampang tidur.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok